Dalam menjalankan bisnis online, pemilik bisnis harus melalui proses riset pasar. Kegiatan ini dilakukan guna mengumpulkan hingga menganalisis data yang nantinya berguna bagi keberlangsungan bisnis. Riset pasar akan semakin mudah dilakukan apabila Anda bekerja sama dengan layanan jasa riset pasar online.
Umumnya, riset pasar dilakukan dengan mencari tahu mengenai siapa saja pelanggan Anda, produk seperti apa yang diinginkan, kebiasaan dan perilaku pelanggan, serta faktor yang mempengaruhi pembelian produk.
Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan penjualan produk dengan lancar. Bahkan Anda bisa mengetahui peluang penjualan yang bisa dilakukan.
Daftar Isi Artikel
Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online yang Tepat
Ada banyak cara melakukan riset pasar yang bisa Anda pilih. Mulai dengan metode wawancara langsung, wawancara via telepon, diskusi, hingga survei online. Namun sebelum memilih metode riset pasar, berikut cara melakukan riset pasar untuk bisnis online.
Tentukan Tujuan Riset
Langkah utama dalam melakukan riset pasar untuk bisnis online adalah menentukan tujuan riset sehingga prosesnya berjalan efisien. Misalnya Anda memiliki bisnis salon, Anda bisa menentukan tujuan seperti apakah jenis perawatan baru yang ingin Anda tawarkan bisa diterima oleh masyarakat.
Identifikasi Buyer Persona Pelanggan
Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi target pelanggan atau buyer persona pelanggan. Perlu diketahui, buyer persona merupakan representasi tipe dari seorang pelanggan. Mulai dari data demografis hingga perilaku saat membeli suatu produk. Dengan mengidentifikasi buyer persona pelanggan, riset pasar bisa dilakukan dengan lebih tepat.
Susun Pertanyaan Riset
Setelah mengidentifikasi buyer persona pelanggan, Anda harus menyusun pertanyaan-pertanyaan penting yang akan dijawab oleh calon pelanggan yang ditemui. Pastikan pertanyaan yang Anda susun memiliki tujuan penting dalam meriset pasar.
Lakukan Riset Kompetitor
Selain melakukan riset terhadap pelanggan, Anda juga harus mengetahui kondisi pasar dan kompetitor. Dengan begitu, Anda bisa menemukan tantangan dalam bisnis online yang sedang dijalani.
Untuk melakukan riset kompetitor, Anda bisa memanfaatkan mesin pencarian seperti Google untuk mengetahui kata kunci apa yang sering dicari dan berkaitan dengan produk Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat strategi dengan mempelajari kelebihan produk kompetitor.
Tantangan Melakukan Riset Pasar Online
Meskipun riset pasar yang dilakukan secara online memberi Anda beberapa keuntungan, ada juga masalah berbeda yang harus Anda hadapi saat mengumpulkan data. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah rentang perhatian dan kemampuan responden untuk menyelesaikan penelitian.
The Guardian berpendapat bahwa saat ini, rentang perhatian seseorang hampir tidak lebih dari 12 detik. Akibatnya, Anda harus memastikan bahwa responden memiliki cukup waktu untuk mencurahkan hanya untuk menjawab pertanyaan penelitian. Jadi, Anda harus mengembangkan pertanyaan yang efisien.
Hal ini juga dilakukan agar responden tidak mengalami kelelahan responden yang menyebabkan kualitas data yang diberikan tidak memenuhi harapan saat mengisi survei riset pasar online. Kualitas responden di panel adalah masalah berikutnya yang harus ditangani.
Dalam dunia yang ideal, setiap bisnis akan memiliki daftar klien yang lengkap. Jika tidak, tim riset pasar dapat memperoleh panel responden dari organisasi riset pemasaran yang memiliki reputasi untuk riset kuantitatif online. Selain database konsumen dan panel respons dari pihak ketiga (seperti perusahaan riset pasar), Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mengajak konsumen berpartisipasi.
Menggunakan Jasa Riset Pasar Online Survey Center
Selain membantu dalam perencanaan strategi dan riset pasar, data penjualan juga bisa bermanfaat untuk memantau performa sales kompetitor yang senantiasa mengancam eksistensi bisnismu.
Jasa riset pasar online survey center telah dipercaya melayani kebutuhan survey online dengan maksimal. Sudah terbukti dari banyak klien puas dari hasil yang kami berikan. Bahkan bisnis bisa berkembang dengan pesat setelah melakukan riset dan survei secara online.
Sukseskan bisnis online Anda bersama Survey Center.