Studi kelayakan bisnis jasa pengiriman barang dapat anda gunakan untuk mengetahui serta menguji keberlangsungan usaha ekspedisi yang tengah dijalankan. Studi kelayakan merupakan suatu kegiatan untuk mempelajari secara mendalam mengenai usaha yang anda geluti.
Biasanya studi kelayakan bisnis digunakan untuk menguji ide bisnis agar pelaku bisnis dapat memahami potensi pada usaha yang mereka miliki. Selain itu adanya studi kelayakan bisnis juga sangat membantu para pelaku bisnis dalam mengambil keputusan terkait kegiatan operasional bisnisnya.
5 Aspek Penting Studi Kelayakan Pada Bisnis Jasa Pengiriman Barang
Dalam setiap studi kelayakan bidang apapun tentu terdapat sejumlah aspek yang perlu anda perhatikan. Hal-hal dasar yang wajib anda perhatikan ketika tengah melakukan studi kelayakan bisnis jasa pengiriman barang yakni sebagai berikut.
1. Legalitas
Legalitas merupakan suatu hal yang berhubungan dengan hukum perizinan dalam mendirikan usaha. Dalam membuka usaha jasa pengiriman barang terdapat dua jenis perizinan yang perlu anda perhatikan, yakni SIUPT dan Izin Penyelenggaraan Pos.
Kedua jenis perizinan ini memiliki perbedaan dari aspek ruang lingkupnya. Para pelaku bisnis dapat memilih salah satu diantaranya sesuai dengan tujuan membuka bisnis jasa tersebut. Jika bisnis yang anda jalankan tidak memiliki surat perizinan yang lengkap maka resiko yang anda hadapi adalah pemberhentian aktivitas usaha.
2. Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan studi kelayakan bisnis jasa pengiriman barang yang perlu anda prioritaskan. Jika anda dapat merencanakan aspek ini dengan maksimal maka bisnis yang tengah dijalankan dapat menjangkau target pasar secara luas. Agar lebih mudah, anda dapat membaginya menjadi tahap Segmenting, Targeting dan Positioning.
Tahap Segmenting bertujuan untuk membagi konsumen dalam kelompok kecil sesuai dengan karakteristiknya. Segmentasi dilakukan berdasar pada demografis, geografis, psikologis dan pelaku dari tiap konsumen. Kemudian berlanjut pada Targeting yakni menentukan taget pemasaran dan Positioning yang merupakan cara menentukan jasa tersebut agar terlihat lebih unggul.
3. Manajemen
Aspek manajemen dalam studi kelayakan bisnis ini berkaitan erat dengan sistem operasional pada bisnis jasa pengiriman barang. Manajemen merupakan aspek penting yang memiliki cakupan luas, mulai dari manajemen keuangan, sumber daya manusia dan sebagainya. Semua komponen ini harus benar-benar anda perhatikan karena berhubungan erat dengan kemajuan bisnis.
4. Keuangan
Salah satu aspek studi kelayakan bisnis jasa pengiriman barang yang tak kalah penting berikutnya adalah keuangan. Aspek ini berkaitan dengan kisaran modal yang anda gunakan ketika menjalankan bisnis jasa tersebut. Lakukan perhitungan secara rinci agar pengalokasian modal dapat diketahui secara menyeluruh.
Ketika melakukan pengalokasian modal ini pastikan anda sudah melakukannya dengan teliti. Karena jika terdapat satu saja kekurangan, maka akan sangat berpengaruh terhadap mekanisme bisnis jasa di masa mendatang. Pastikan pula anda sudah mengalokasikan sendiri modal tersebut agar tidak terjadi penyelewengan dana.
5. Ekonomi, Sosial dan Budaya
Tak cukup sampai di sini, para pelaku bisnis juga harus memperhatikan aspek ekonomi, sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Caranya dengan menganalisis keuntungan, hambatan, kondisi serta dampak dari adanya bisnis tersebut mulai dari nol hingga mengalami perkembangan pesat.
Demikianlah sejumlah aspek penting dalam studi kelayakan bisnis jasa pengiriman barang yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Adanya studi kelayakan bisnis ini dapat membantu para pebisnis dalam menganalisa berbagai kemungkinan yang terjadi untuk antisipasi di kemudian hari.