Pebisnis yang sukses menggunakan market research untuk mengikuti tren, membuat keputusan bisnis yang lebih baik, dan mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan. Terlepas dari apakah Anda baru memulai atau memperluas bisnis Anda, market research sangat penting untuk memahami target pasar dan meningkatkan penjualan. Selain itu market research juga dapat membantu Anda menargetkan pelanggan baru dan mengidentifikasi peluang baru.
Tujuan Market Research
Selain melihat efektifitas dari produk atau jasa yang ditawarkan ke masyarakat, market research juga memiliki tujuan lainnya seperti;
- Melihat celah pasar
- Mengetahui kekurangan dan kelebihan produk atau jasa
- Mendapat informasi dan penilaian langsung dari pengguna
- Menentukan strategi marketing
- Melihat keberhasilan proses branding
Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan meski semua butuh perjuangan dan tidak mudah. Berikut detail caranya:
Cara Market Research yang Efektif bagi Pemula
-
Tentukan fokus dengan tujuan riset
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dengan jelas produk atau jasa apa yang ingin ditawarkan dan bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini penting untuk dilakukan agar market research lebih efisien dan tentunya tidak melebar ke arah lainnya yang justru membingungkan.
Sebagai salah satu contoh ketika kamu ingin mengetahui platform mana yang menjadi kesukaan pelanggan ketika belanja online, cukup ambil data dari masing-masing platform. Kemudian, buatlah peringkat dari yang paling banyak sampai sedikit. Begitu juga ketika melakukan market research untuk produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan.
-
Melakukan identifikasi Buyer Persona
Representasi tipe pelanggan sebuah bisnis disebut juga sebagai buyer persona. Umumnya, buyer persona ini dibuat untuk mencerminkan profil pelanggan secara nyata. Seperti data demografis, kepribadian pelanggan, hingga bagaimana perilaku mereka ketika membeli sebuah produk. Melalui identifikasi buyer persona, market research yang telah dilakukan bisa lebih akurat, sebab kamu sudah memahami target riset.
Contoh kasus untuk mengidentifikasi buyer persona ini, jika sebagian konsumen produk berusia muda, maka kamu bisa menggunakan komunikasi yang santai saat melakukan riset. Tak hanya sekedar itu saja, kamu bisa lebih mudah menentukan platform apa yang tepat untuk berkomunikasi dengan mereka jika memiliki target konsumen berusia muda.
-
Siapkan Pertanyaan sesuai Tujuan Riset
Menyiapkan pertanyaan sesuai dengan tujuan penting untuk memastikan research berjalan sukses. Bisa berupa kalimat lengkap atau poin utama yang bisa dikembangkan. Intinya, pastikan alur wawancara sistematis.
Misalnya, jika ingin mengetahui potensi pelanggan membeli kembali produk Anda, beberapa pertanyaan ini bisa menjadi contoh:
- ‘Sejak kapan Anda menggunakan produk ini?’
- ‘Mengapa Anda menyukai produk ini?’
- ‘Tertarikkah Anda membeli lagi produk ini?’Menyesuaikan alur dan gaya komunikasi sesuai target konsumen, bisa membuat Anda mendapatkan informasi yang diinginkan. Bahkan, bisa saja ada informasi lain yang diberikan di luar pertanyaan utama Anda.
-
Belajar untuk mengenali kompetitor bisnis
Market research juga bisa membantu kamu mengenali kompetitor bisnis. Tujuan kamu mengenali kompetitor bisnis untuk memastikan produk atau jasa yang dijual dapat bersaing di pasaran. Lakukan riset kompetitor mana yang menghasilkan produk sama dengan milikmu. Apabila sudah mengetahui produk yang dijual sama, tentu target pasar pun akan sama. Dari situ kamu bisa mulai mempelajari kelebihan produk serta strategi yang dijalankan oleh kompetitor.
Tak hanya itu saja, mempelajari tentang kompetitor juga bisa membantu kamu mengetahui bagaimana mereka mempromosikan produk-produknya. Apabila cara yang telah dilakukan oleh kompetitor cukup efektif, tak ada salahnya untuk menerapkan strategi yang sama bagi konsumen. Tetapi harus diperhatikan dan disesuaikan dengan jenis produknya.
-
Melakukan anaӏіѕis data hasil riset
Setelah mendapatkan data yang lengkap, kini saatnya untuk melakukan analisis data. Dalam melakukan hal ini, untuk data kuantitatif biasanya menggunakan software khusus. Sedangkan bagi kamu yang memiliki data kualitatif perlu dikembangkan metode analisis mandiri. Contohnya seperti menggunakan anaӏіsis S.W.O.T (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats).
-
Saatnya melakukan market research
Ada banyak strategi dalam bisnis, salah satunya melakukan market research. Anda sudah belajar tentang cara melakukan riset dengan baik. Mulai dari memilih antara riset primer atau sekunder. Atau, menggabungkan keduanya. Anda juga sudah mengetahui beberapa hal yang diperlukan saat market research, yaitu menentukan tujuan, terus berinovasi, dan menggunakan informasi paling penting saja. (mt)