Tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya memahami aspek aspek studi kelayakan bisnis sebelum pada akhirnya berniat memutuskan untuk serius dalam melakukan bisnis apapun itu jenisnya.

Bisa jadi saat Anda ingin mendirikan sebuah bisnis tetapi masih ragu dikarenakan ada beberapa hal yang sedang dipertimbangkan seperti modal, kesiapan bahan baku, rencana pemasaran, dan yang paling sering yaitu terkait dengan keuntungan yang belum jelas.

Apabila Anda punya strategi yang jitu maka tidak perlu khawatir karena hal yang Anda rasakan itu juga banyak di alami oleh banyak orang yang ingin berbisnis. Karena itu untuk mempersiapkan semua itu maka diperlukan sebuah penelitian yang ditinjau dari berbagai aspek untuk mengetahui kelayakan sebuah bisnis atau  disebut sebagai Studi kelayakan bisnis. Dan ketahui juga elemen apa saja yang harus disiapkan dalam sebuah studi kelayakan:

1. Elemen Hukum

Elemen hukum merupakan elemen yang menyangkut dengan semua hal yang ada hubungannya dengan legalitas produk bisnis anda. Dalam hal ini contohnya seperti pembuatan akte pendirian, NPWP, Surat Tanda Perusahaan, dan lain sebagainya. Dimana semua legalitas tersebut harus dimiliki dan sifatnya wajib karena sebagai bukti jika Anda memiliki perusahaan yang legal. Hal ini juga untuk mengantisipasi apabila suatu waktu ada pihak yang berhubungan dengan perusahaan Anda dan mewajibkan kelengkapan dokumen legal.

2. Elemen Ekonomi dan Budaya

Pada bidang ekonomi, akan dilakukan berbagai pertimbangan terkait apakah bisnis Anda ini akan meningkatkan rata – rata pendapatan perkapita, ataukah malah sebaliknya. Sedangkan pada segi budaya, akan dilakukan pertimbangan mengenai apakah bisnis Anda mempunyai dampak yang baik kepada adat istiadat disekitar pendirian bisnis anda. Dengan elemen tersebut maka dapat diketahui apakah bisnis Anda memang pas dan sesuai. Dan tidak berdampak kepada kedua hal tersebut.

3. Elemen Pasar dan Pemasaran

Elemen pasar dalam hal ini akan mengacu pada besarnya peluang pasar yang ada seperti potensi pasar, jumlah konsumen yang potensial, daya beli masyarakat, segmentasi pasar, sikap perilaku kepuasan ekonomi, persaingan, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui elemen tersebut, maka Anda bisa memahami apa yang kelak harus Anda lakukan untuk membuat produk Anda diterima di pasar dan tahu bagaimana cara marketing yang optimal.

4. Elemen Teknologi

Elemen teknologi yang terdiri atas pemilihan strategi produksi, rencana kualitas produk, pemilihan teknologi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan teknologi serta teknis yang akan digunakan pada sebuah perusahaan. Teknologi yang digunakan dalam hal ini memang harus sepadan dengan rencana bisnis Anda, seperti memanfaatkan era digital, internet dan sebagainya.

5. Elemen Manajemen

Elemen manajemen memiliki hal yang sangat luas. Namun secara garis besar hal ini berhubungan dan terkait dengan pembangunan juga pengembangan operasional suatu perusahaan. Mulai dari Manajemen sumber daya manusia hingga sampai manajemen finansial perusahaan. Sehingga dengan adanya SDM yang berkualitas bisa menentukan bagaimana sebuah studi kelayakan bisa dijalankan dengan baik.

6. Elemen Keuangan

Hal ini yang menyangkut mengenai besarnya modal dan juga sumber dana yang akan dikeluarkan dan terkait kapan modal tersebut dapat kembali. Hal inilah yang akan dilakukan analisa, apakah modal tersebut bisa menutupi semua rencana berbisnis ataukah sebaliknya. Sehingga dapat diketahui jumlah modal yang sesuai dengan harapan.

Dengan demikian dapat dipastikan mengenai bagaimana studi kelayakan bisnis bisa dilakukan, karena dengan elemen tersebut semua bisa berjalan. Karena memulai bisnis tersebut tentu memiliki beberapa elemen penting dalam studi kelayakan untuk memastikan perkembangan produk yang dijual kelak.

 

 

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp