Kesalahan Dalam Riset Pasar yang Sering Terjadi

Riset Pasar adalah proses mengumpulkan informasi tentang kebutuhan konsumen dengan tujuan untuk memahami target pasar suatu perusahaan atau bisnis.

Aktivitas riset dapat di lakukan secara mandiri atau menggunakan bantuan dari pihak ketiga. Dalam prosesnya, pengambilan riset dapat di lakukan dengan menggunakan teknik survei, product testing, interview, dan focus group.

Dalam suatu perusahaan, riset pemasaran sangat penting bagi divisi Research and Development. Hal ini bermanfaat sebagai bentuk dari masukan sebelum meluncurkan suatu produk atau layanan baru.

Kunci sukses dalam penelitian tersebut adalah perencanaan dan strategi. Namun, dalam prakteknya tidak semua berjalan dengan lancar. Kendala yang tidak di rencanakan biasanya akan membuat hasil analisis mengalami kesalahan. Berikut beberapa kesalahan riset pasar yang harus di hindari:

  1. Memilih Bahan Referensi Yang Kurang BaikPenting ketika melakukan riset pasar maka perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui data atau informasi yang Anda gunakan tersebut berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik dan dapat di percaya keakuratanya. Tak jarang ketika menggunakan data atau informasi yang kurang akurat hal ini akan berpengaruh pada statistik apa yang Anda temukan dan bisa jadi akan terjadi bias.
  2. Tidak Mengetahui Apa yang di RisetKunci sukses riset pasar adalah untuk mengetahui pertanyaan yang perlu dijawab sebelum mencari data. Akan lebih mudah di lakukan jika dalam menemukan data dan informasi yang memang berhubungan dengan industri atau bisnis yang ada. Namun jika di lakukan dengan riset yang secara umum maka untuk menemukan sesuatu cenderung kurang maksimal.
  3. Hanya Mengandalkan Satu Set DataData atau informasi sangat di butuhkan untuk meriset pasar baik itu dari data sensus penduduk atau dengan menggunakan survei. Satu kumpulan data tidak cukup untuk mendapatkan gambaran objektif tentang target pasar Anda. Jika hanya mengandalkan satu set data maka kemungkinan besar hasil yang di dapat akan meleset dan kurang maksimal.
  4. Meneliti Kelompok yang SalahData hanya berguna bila relevan, jadi hal pertama yang harus dibangun dari penelitian Anda adalah target demografis Anda. Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk meneliti lebih lanjut bisnis Anda dengan parameter tersebut dan memahami kebutuhan dan keinginan mereka.
  5. Memahami Dengan Asumsi SendiriKetika melakukan pengumpulan data memang melibatkan orang atau kelompok dan dari setiap orang cenderung memiliki pendapat dan keyakinan mereka sendiri. Hal ini memang akan berpengaruh pada cara mereka untuk merasionalisasi data yang ada. Untuk menemukan data yang memang Anda butuhkan tidak bisa menjadikan acuan pribadi menjadi hasil mutlak dari pengumpulan data. Bahkan jika itu hanya ingin bisnis Anda bekerja, dan kemudian Anda dapat mewaspadainya saat menganalisis data yang telah Anda kumpulkan, dan mengambil langkah ekstra untuk menemukan cara alternatif.

Jasa Riset Pasar online

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !