Sebuah usaha entah itu berbentuk produk maupun jasa, tentu tidak terlepas dari yang namanya riset. Riset sendiri hal penting yang patut dilakukan para pelaku bisnis, karena digunakan untuk mengetahui mengenai kondisi pasar dan hal apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dan bagaimana riset pasar bisa mempengaruhi studi kelayakan dari usaha Anda tersebut.

Selain mengetahui mengenai keadaan pasar, pesaingnya siapa saja, dan bagaimana kondisi target pasar. Anda juga bisa memahami mengenai pasar yang akan anda masuki dalam bisnis sehingga Anda dapat bersaing dan tidak kaget pada saat berbisnis. Riset pasar umumnya perlu dilakukan pada awal ketika Anda melakukan bisnis namun hal yang perlu diingat yaitu bagaimana bisa tetap bertahan pada bisnis, karenanya harus melakukan riset pasar agar bisnis Anda tetap bisa bertahan.

Berikut ini ketahuilah hal apa saja yang menjadi riset pasar bagi studi kelayakan, yang bisa Anda pelajari dan ketahui seperti di bawah ini:

1. Sebagai Informasi dan Data

Dengan Anda melakukan riset pasar dalam studi kelayakan, maka Anda akan mendapatkan berbagai informasi secara lengkap mengenai bisnis yang akan Anda jalankan. Setelah Anda mengetahui informasi apa saja yang akan berpotensi menjadi peluang bisnis Anda selanjutnya Anda akan tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan berinteraksi dalam ranah usaha Anda. Entah itu yang berhubungan dengan potensi pasar dan juga hal lainnya.

2. Mengidentifikasi Kondisi Pasar

Selanjutnya manfaat riset pasar bagi studi kelayakan yaitu dapat mengidentifikasikan kondisi pasar baik untuk saat sekarang dan juga masa depan. Karena peluang pasar sangatlah penting untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan Anda sukses dalam pasar tersebut. Dalam hal ini riset digunakan sebagai langkah bagaimana Anda bisa menawarkan produk dan jasa anda sekaligus Anda mampu memberikan solusi kepada para konsumen Anda. Sehingga dengan begitu Anda juga siap dalam memecahkan masalah yang timbul.

3. Memperkecil Tingkat Resiko

Manfaat melakukan riset pasar juga akan memudahkan Anda menemukan semua informasi yang ada di pasar. Sehingga Anda dapat memperkecil resiko pada bisnis Anda. Setelah anda mengetahui mengenai resiko yang akan terjadi, saat itu juga Anda sudah memiliki persiapan langkah mana yang akan digunakan untuk mengatasi masalah dan resiko tersebut. Karena pada intinya setiap bisnis menginginkan low risk dalam kemajuan usahanya.

4. Mengetahui Permasalahan Yang Muncul

Selanjutnya manfaat lainnya dari riset pasar yaitu mampu mengindentifikasi potensi masalah yang akan timbul di pasar yang kelak Anda membangun bisnis di dalamnya. Serta Anda juga bisa berekspektasi pada respon para pelanggan mengenai produk Anda, baik sebelum dan setelah produk baru Anda luncurkan. Sehingga Anda dapat merencanakan solusi dalam setiap masalah yang mungkin akan dihadapi. Hal ini juga bisa mempermudah Anda dalam melakukan langkah tepat dalam masalah yang ada di depan mata.

5. Membuat Perencanaan Di Masa Depan

Riset pasar bagi studi kelayakan juga bisa membantu Anda dalam merencanakan bisnis di masa depan agar menjadi lebih baik. Bahwa riset pasar ini tidak hanya dilakukan pada saat memulai bisnis namun juga harus dilakukan secara berkala atau terus menerus supaya Anda mengetahui mengenai kondisi terkini yang terjadi di pasar. Hal ini untuk mempertahankan bisnis Anda dan bisa bersaing secara lebih baik. Karena setiap rencana yang dibuat haruslah dengan data dan riset yang menjadi landasan penting.

6. Meningkatkan Kualitas

Baik itu kualitas produk dan juga kualitas nama baik, tentu saja hal tersebut dapat membawa dampak pada kelangsungan bisnis Anda. Karena itu penting melakukan sebuah riset agar Anda tahu bagaimana caranya meningkatkan kualitas pada bisnis Anda. Riset juga memudahkan Anda mengetahui bagaimana kualitas terbaik yang bisa Anda perbarui di masa yang akan datang.

7. Menciptakan Tren Baru

Jika Anda melakukan riset pasar secara rutin dan berkala maka sudah tentu Anda akan mendapatkan data yang akurat. Dengan data tersebut Anda dapat mengetahui kapan dan apa apa yang akan terjadi pada masa bisnis Anda di masa yang akan datang. Dan keuntungan Anda dengan memiliki data pasar yaitu Anda dapat mempengaruhi dan membangun sebuah tren baru yang lebih inovatif, unik dan juga up to date di pasar tersebut sehingga mendapat respon baik dari konsumen. Dan yang terpenting Anda akan mendapatkan profit maksimal dan kelanjutan bisnis yang cemerlang.

8. Membangun Posisi Pasar

Selanjutnya dengan melakukan riset pasar, maka Anda dapat mengetahui seberapa jauh posisi bisnis Anda di pasar. Informasi yang didapatkan dari riset dapat membantu Anda menentukan posisi mana yang Anda harapkan. Dengan memiliki SDM yang berkualitas dan terbaik di bidangnya. Dan setelah Anda mengetahui posisi anda di pasar selanjutnya Anda dapat menentukan langkah apa yang tepat untuk Anda lakukan.

Demikianlah beberapa contoh mengenai manfaat riset pasar bagi studi kelayakan bisnis Anda. Semoga menjadi manfaat.

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp