Riset pasar terdiri dari beberapa kumpulan data secara sistematis mengenai informasi konsumen, pesaing, dan juga kondisi  pasar dimana kemudian dilakukan analisa dengan tujuan untuk memahami apa yang dibutuhkan dalam perkembangan bisnis. Hasil riset pasar yang dirangkum dalam laporan, lalu digunakan untuk membantu pemilik usaha dalam membuat keputusan yang lebih terarah pada strategi, operasi, dan pelanggan yang potensial bagi pengembangan perusahaan di masa depan dan saat ini.

Nilai riset pasar berfungsi untuk memahami adanya pergeseran industri, perubahan kebutuhan dan juga untuk preferensi konsumen, mengenai tren yang sedang terjadi. Hal tersebut, nantinya dapat membentuk sebuah gambaran akan keputusan yang tepat pada bisnis juga memfokuskan upaya dan sumber daya pada hal-hal yang lebih penting. Riset pasar juga dapat membantu bisnis berjalan lebih efisien dan membuat kegiatan pemasaran . Berikut perlu diketahui mengapa riset pasar penting dalam pertumbuhan perusahaan yang bisa diketahui:

1. Dapat Menentukan Jenis Produk

Riset pasar mampu memberikan gambaran mengenai preferensi konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, seperti produk yang mereka inginkan, fungsi dan fitur preferensi produk, serta produk yang tidak terlalu disukai. Dari riset yang dilakukan tentu saja permasalahan tersebut bisa diatasi karena perusahaan sudah tahu hal apa saja yang harus disiapkan untuk produk yang ingin ditawarkan pada pasar.

2. Menentukan Harga Pasar

Bila produk dan jasa yang ditawarkan sudah masuk dalam minat juga kebutuhan pada konsumen, maka yang perlu dicari tahu berikutnya adalah mengenai perbandingan nilai relatif dengan harga.

Tanpa melakukan riset pasar sebelumnya maka bisa-bisa perusahaan akan salah dalam menetapkan harga dan akibatnya bisnis yang dijalankan akan merugi karena kalah saing dengan merek yang sudah ada di dalam pasar. Oleh karena itu, riset pasar sangat penting untuk menjadi panduan dalam menentukan harga produk dan jasa yang ditawarkan.

3. Mengetahui Posisi Produk Dalam Pasar

Placement atau penempatan produk merupakan bagaimana perusahaan bisa memposisikan produk yang ada di tengah ketatnya  jumlah persaingan dengan para pesaingnya. Tujuan riset pada bagian ini yaitu mencari tahu bagaimana pandangan konsumen terhadap produk yang sudah dijual.

Dengan melakukan riset penempatan secara mendalam, maka perusahaan akan bisa mengetahui bagaimana cara terbaik untuk memposisikan juga memperkenalkan produk/ dan juga jasa kepada konsumen.

Riset pasar yang sempurna juga akan membantu perusahaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul. Tentunya, diharapkan kelak perusahaan bisa lebih detil memahami karakter dari konsumen dan mengetahui bagaimana menempatkan produk di pasar yang tepat.

4. Bentuk Promosi

Agar produk yang dijual bisa diminta dan dikenal para konsumen, maka diperlukan riset pasar yang mendalam agar perusahaan bisa menyusun strategi pemasaran yang cocok dengan produk dan target konsumen. Target konsumen yang berbeda tentu akan membutuhkan strategi promosi yang berbeda. Seperti, saat perusahaan berencana untuk berjualan  produk khusus anak-anak, tentu mereka membidik pangsa pasar seperti ibu-ibu yang memiliki anak. Mempelajari bagaimana kebiasaan konsumsi informasi konsumen? Media sosial apa yang sering digunakan? Video apa yang sering ditonton?. Hal tersebut yang menjadi bahan pertimbangan untuk mencari cara melakukan promosi agar target pasar tepat sasaran.

Dengan riset pasar, maka perusahaan akan terhindar dari risiko-risiko yang sebelumnya tidak terduga. Sebelum memutuskan untuk mempromosikan produk atau jasa, maka sudah lebih dahulu mengetahui teknik pemasaran yang tepat untuk menarik minta para konsumen baru. Berbicara dengan orang yang tepat dan mengerti mengenai hal-hal tersebut seperti menggunakan jasa konsultan marketing sangat dianjurkan.

5. Mengetahui Apa Yang Diinginkan Konsumen

Dengan melakukan riset pasar, maka perusahaan akan mengetahui mengenai apa yang konsumen inginkan. Dengan begitu produk yang ditawarkan di pasar akan menarik minat pembeli. Selain itu juga permasalahan yang timbul dari para konsumen dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan riset pasar. Dengan demikian semakin banyak minat pembeli maka akan semakin besar pertumbuhan perusahaan di masa mendatang dan akan semakin baik kualitas serta perkembangan produk dan jasa.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan mengapa riset pasar penting dalam pertumbuhan perusahaan. Semoga bermanfaat.

 

 

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp