Pemasaran adalah kegiatan terpadu dan terencana oleh seorang atau perusahaan dalam rangka mengkondisikan kenaikan permintaan pasar. Langkah yang digunakan adalah menambahkan  nilai jual dari barang atau jasa, menentukan harga, dan menyampaikan pesan kepada konsumen. Dalam hal ini marketing tidak hanya membahas mengenai bagaimana cara produk terjual, tetapi memiliki wilayah yang lebih luas.

Menurut Hair dan Mc. Daniel, pemasaran ialah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi. Sedangkan William J. Stanton, mendefinisikan bahwasannya suatu sistem dari proses bisnis bertujuan untuk merencanakan, mempromosikan, dan mendistribusikan produk sebagai langkah kepuasan pelanggan.

Kesimpulan dari pendapat di atas ialah pemasaran memiliki peranan penting dalam berjalannya bisnis. Tidak heran kalau kemudian marketing disebut-sebut sebagai ujung tombak perusahaan atau usaha. Fakta ini yang kemudian mendorong jasa riset pemasaran bermunculan. Berikut beberapa alasannya.

Memperkecil Risiko

Setiap keputusan memiliki risiko dan tantangan. Tugas jasa riset pemasaran ialah membantu klien untuk menghadapi dengan memberikan solusi serta memecahkan persoalan. Misalnya, melakukan penelitian mengenai apa yang sebenarnya diinginkan konsumen dan kemasan produk seperti apa yang dibutuhkan. Kompetitor dan beralihnya minat pelanggan harus diperhatikan dengan baik guna mengurangi risiko kerugian.

Mempermudah Melihat Peluang

Jasa riset pemasaran juga membantu menentukan peluang dan membuat kemitraan untuk mempermudah distribusi. Anda bisa mengkombinasikan produk populer di tengah masyarakat dengan rencana awal yang disusun oleh perusahaan. Langkah-langkah ini secara otomatis mempermudah mendapatkan respon dari konsumen.

Promosi yang Relevan

Pemasaran erat kaitannya dengan promosi melalui iklan. Kegiatan tersebut kini menjadi lebih mudah dengan adanya media sosial dan website. Namun demikian perlu diperhatikan bahwa advertisement membutuhkan konten relevan. Jasa riset marketing juga turut membantu memilih topik yang sesuai dengan kebutuhan klien. Semakin cepat dan luas komunikasi yang terhubung, maka akan baik pula untuk progres bisnis.

Media yang digunakan

Berikutnya menentukan media untuk mendukung kegiatan promosi. Jasa riset pemasaran biasanya menyediakan beberapa alternatif yang bisa digunakan dan disesuaikan pula dengan hasil penelitian. Berbagai macam keputusan, mulai dari media sosial, iklan baris, melalui radio atau televisi dan lain sebagainya merupakan pilihan-pilihan untuk memasarkan produk atau jasa.

Mempermudah Penjualan

Marketing dilakukan untuk mengetahui sasaran produk. Dampak positif dari aktivitas ini adalah mempermudah penjualan. Hal tersebut dikarenakan mengetahui pangsa pasar membuat perusahaan lebih mudah bersaing. Maka dari itu tidak ada salahnya jika penelitian membutuhkan waktu dan tenaga ekstra agar semua bisa berjalan dengan baik.

Mempermudah Pengambilan Keputusan

Mengambil keputusan yang tepat dalam bisnis bukan hal mudah. Berbagai pertimbangan mengenai operasional dan pendaparan tidak jarang membuat klien masih merasa kebingungan. Namun dengan adanya jasa riset pemasaran semua akan terbantu serta tujuan yang dijalankan lebih jelas.

 

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp