Pada saat seseorang hendak membangun sebuah bisnis, entah itu berupa produk atau jasa seringkali ia dihadapi oleh beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan. Pertimbangan utama dalam membangun sebuah bisnis pastinya menyangkut masalah profit. Pertanyaan yang sering muncul dalam proses pertimbangan tersebut umumnya menyangkut mengenai apakah bisnis yang tengah Anda rintis dan yang akan dikembangkan bisa menguntungkan atau sebaliknya. Apabila menguntungkan, dan apakah hal itu bisa menjadi harapan untuk terus bertambah ataukah hanya akan stagnant?.

Untuk mengetahui jawaban dari semua pertanyaan diatas, maka dibutuhkan sebuah penelitian yang bisa ditinjau dari berbagai aspek. Penelitian tersebut kelak akan menjadi dasar dari pertimbangan pelaku usaha untuk melihat apakah bisnis itu layak untuk dikerjakan, dikembangkan, ditunda, atau bahkan dibatalkan. Berikut ini penjelasan mengenai pengembangan produk dan studi kelayakan, yang mana keduanya masih sangat berkaitan satu sama lainnya.

1. Ketahui Bisnis Yang Akan Anda Tawarkan

Saat Anda memutuskan untuk menjalankan sebuah usaha, pasti Anda akan berpikir bagaimana usaha tersebut bisa berkembang dan diterima oleh banyak pihak. Yang selanjutnya bisa mendatangkan pundi keuntungan pada Anda. Saat itulah Anda harus mengetahui seberapa penting bisnis Anda dan menentukan seperti apa kelak Anda akan menawarkan produk Anda. Ketahui segala resiko, kelemahan dan juga kelebihan produk usaha Anda sebelum Anda mengembangkannya lebih lanjut, agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

2. Perencanaan Bisnis

Selanjutnya pengembangan produk dan studi kelayakan lain yaitu melakukan rencana pada usaha Anda. Apapun bentuk bisnis yang Anda lakoni pasti membutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Hal ini bertujuan agar segala bentuk keuntungan juga kerugian bisa Anda ketahui. Serta dengan perencanaan semua tujuan dan harapan akan mudah dilaksanakan melalui SDM yang ada.

3. Ketahui Kondisi Pasar

Selanjutnya dalam mengembangkan usaha Anda juga perlu memikirkan mengenai bagaimana kondisi pasar pada saat Anda memulai dan menjalankan produk. Apakah ada tren baru, apakah produk Anda memiliki pesaing, dan hal lain yang membuat produk Anda bisa bertahan lama. Ketahui juga mengenai respon konsumen

4. Buat Rencana Keuangan Yang Matang

Dana menjadi salah satu alat yang sangat vital dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Tanpa mempersiapkan dana yang matang bisa jadi usaha Anda tidak dapat berkembang sesuai dengan harapan Anda. Dana yang sudah dipersiapkan dibutuhkan banyak rencana yang matang agar dana tersebut tidak meluap pada hal yang tidak direncanakan. Karena itu penting perencanaan keuangan yang matang dalam mengembangkan juga menjalankan bisnis Anda.

5. Ketahui Resiko dan Masalah Yang Akan Timbul

Saat Anda menjalankan bisnis pasti tidak terlepas dari namanya masalah dan hambatan. Tidak melulu semua bisa berjalan mulus, manfaat dengan adanya studi kelayakan bagi pengembangan bisnis Anda salah satunya yaitu untuk mengetahui seberapa besar resiko dan masalah yang kelak akan dihadapi. Anda akan lebih memahami dan tahu bagaimana mengatasi hal itu semua, sehingga usaha bisa berjalan dengan lancar.

6. Tentukan Teknologi Dalam Pengembangan Bisnis

Usaha untuk mengembangkan bisnis Anda juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang modern. Kemajuan menggunakan media sosial, internet, dan sebagainya bisa digunakan dalam memasarkan semua produk yang Anda jual. Selain itu teknologi bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan ada yang diharapkan, biaya yang bisa lebih murah dan jangkauan yang luas menjadi profit Anda dalam berbisnis menggunakan media dan teknologi.

7. Mengetahui Cara Pemasaran Yang Baik

Melalui studi kelayakan juga Anda bisa memprediksikan dan melakukan teknik pemasaran yang pas untuk pasar Anda. Metode yang dibuat berdasarkan dari data dan informasi yang sebelumnya sudah Anda dapatkan melalui riset, survey, studi kelayakan dan sebagainya. Sehingga dari hal tersebut Anda bisa memilih cara tepat untuk memasarkan produk Anda pada konsumen.

8. Pengembangan Cara Yang Lebih Inovatif Dan Kreatif

Keuntungan dalam berbisnis tentu saja merupakan hasil akhir bagaimana Anda bisa menjual produk dengan baik. Namun, menjual saja tidaklah cukup, untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis dibutuhkan adanya ide kreatif dan inovatif yang bisa membuat produk Anda lebih unik, dan berbeda dibanding produk lain. Hal ini harus dilakukan secara berkala dan terus menerus, agar produk Anda bisa up to date dan tidak stagnant.

Nah, begitu pentingnya pengembangan produk dan studi kelayakan pada sebuah bisnis. Dengan demikian Anda bisa mengetahui kemajuan dan juga prospek cemerlang usaha di masa mendatang.

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp