Memilih software ERP jangan asal-asalan, tetapi perlu menemukan yang tepat agar bisnis semakin bagus. Bisa dibilang ini investasi yang besar karena berkaitan dengan manajemen mutu yang ada di perusahaan itu. Sebelumnya, harus tahu pengertian sistem ERP-nya yah!
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah proses mengorganisasikan data bisnis melalui susunan perangkat lunak. Software ini berisi aplikasi yang mmebuat fungsi bisnis secara otomatis, dalam hal produksi, akuntansi, laporan penjualan, dan lain-lain.
ERP memfasilitasi operasi perusahaan setiap departemen, sehingga bisa dibilang menjadi solusi dalam meningkatkan cara menangani sumber daya bisnis. ERP sendiri memiliki banyak arti tergantung penempatannya dimana, entah vendor, dan lain-lain.
Pengertian ERP secara Umum
ERP adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mengintegrasikan proses bisnis mulai dari keuangan, pengadaan, distribusi, sumber daya manusia (SDM), perusahaan lainnya. jadi lebih ke menyederhanakan dan mengintegrasikan.
Sistem ERP berkembang pesat pada tahun 1990-an sebagai respon akan peristiwa Y2K dan pengenalan Euro. Sebagian besar perusahaan membutuhkan cara untuk meningkatkan efisiensi dalam bisnis mereka, dan salah satu cara yang bisa ditempuh.
Tingkatan ERP
Berikut ini akan dijabarkan tingkatan ERP yang perlu dicoba, diantaranya:
1. Tingkat 1: ERP Tier I
Cocok untuk perusahaan global yang besar dan menangani semua masalah internasionalisasi, bisa dari mata uang, kode pos, bahasa, alfabet, aturan akuntansi, dan lain-lain.
2. Tingkat 2: ERP Government Tier I
Lebih mendukung agensi pemerintahan besar (sebagian besar federal). Vendor ERP yang ada di tingkatan ini mendukung urusan akuntansi, SDM, dan pengadaan di pemerintahan.
3. Tingkat 3: ERP Tier II (for Government Level (Tier) II)
Versi ini cocok dengan pemerintahan negara bagian dan lokal dengan beberapa instalasi federal.
4. Tingkat 4: Software ERP Tier (Level) III
Di versi ini, software ERP mendukung perusahaan-perusahaan skala menengah dan menangani beberapa bahasa dan mata uang hanya satu alfabet.
5. Tingkat 5: ERP Software Tier IV
Software tingkatan ini dirancang untuk bisnis kecil, yang mana kebanyakan hanya fokus pada akuntansi dan para profesional IT sering tidak menganggap sistem ERP versi ini tidak lengkap.
Alasan Perusahaan Banyak Memilih ERP
Berikut ini alasan yang menggambarkan kenapa perusahaan lebih memilih sistem ERP, diantaranya:
- Bisa mengintegrasikan informasi keuangan
- Bisa mengelola pesanan dan persediaan
- Bisa mengelola dan menganalisis pelanggan
- Bisa men-standardisasi dan mempercepat produksi
- Bisa mengelola HR
- Bisa menangani pengadaan
- Bisa membuat berbagai laporan
Manfaat Sistem ERP
Berikut adalah manfaat dari sistem ERP, diantaranya:
1. Bisa Menyederhanakan Proses Bisnis
Cukup menyederhanakan berbagai proses yang dirasa kompleks mulai dari perencanaan produksi, pelacakan inventaris, pembuatan laporan keuangan, dan lain-lain. Jadi, perusahaan akuntansi tidak perlu menghabiskan banyak waktu dalam membuat laporan.
2. Bisa Menghemat Biaya
Perusahaan dapat menghemat biaya admin dan operasional dan bisa sekaligus untuk tenaga kerja. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pembelian beberapa aplikasi.
3. Bisa Meningkatkan Efisiensi
Membantu perusahaan dalam menghilangkan pekerjaan manual, sehingga berbagai proses dapat diselesaikan dengan lebih cepat, mulai dari pencarian barang dilakukan dengan beberapa hitungan detik.
4. Bisa Mengintegrasikan Informasi
Setiap perusahaan bisa mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan tanpa mengganggu pekerjaan perusahaan lain. Contohnya, ingin mengetahui perilaku belanja para pelanggan.
5. Bisa Memberikan Data Bisnis yang Akurat
Alat laporan dalam bisnis sekarang canggih dan ada dalam ERP. Perusahaan bisa menghasilkan laporan mendalam dan akurat sehingga memudahkan perusahaan dalam memperkirakan bisnis yang ada.
6. Bisa Meningkatkan Mobilitas
Berbasis situs web atau cloud membuat pemilik bisnis bisa memantau operasi bisnis kapan pun dan di mana pun berada, bisa menggunakan perangkat seluler. Manfaat ini akan terasa jika banyak cabang toko ataupun gudang dengan lokasi yang berbeda.
7. Bisa Memaksimalkan Produktivitas
Menghilangkan pekerjaan yang berulang, sehingga karyawan bisa lebih fokus dalam pekerjaan inti dan memiliki lebih banyak waktu dalam menyelesaikan tugas lain. Setidaknya dengan hal tersebut muncullah produktivitas dan keefesienan.
8. Bisa Mengoptimalkan Keamanan Data
Cukup bisa mengamankan data dengan memonitoring titik akses secara ketat. Pembatasan data juga bisa dikontrololeh admin dalam mengelola sistem. Jadi sistem ERP akan bekerja sesuai apa yang diinginkan oleh perusahaan.
Itulah penjelasan mengenai pengertian sistem ERP, semoga bermanfaat.