Sebagai konsumen atau pemilik properti baik itu bersifat untuk individu maupun perusahaan umumnya membutuhkan adanya ilmu serta bimbingan dari seorang yang ahli dan juga profesional. Salah satu jalan untuk mendapatkan itu semua Anda bisa menggunakan jasa seorang konsultan properti guna pelayanan terbaik. Tugas utama dari jasa konsultan properti yaitu untuk memberikan nasihat dan juga pengetahuan mengenai tren demografi juga ekonomi lokal dalam memandu konsumen secara integritas dan membangun kepercayaan mereka.

Selain itu juga pekerjaan jasa konsultan properti mampu memberikan saran atau masukan, advokasi, analisis, membuat laporan serta menyediakan ide strategi dalam bidang properti. Tentu semua itu merupakan sebuah proses yang membutuhkan kompetensi teknis juga pengetahuan yang luas di berbagai bidang khususnya dalam bidang properti. Jasa Konsultan Properti juga mampu mencarikan solusi untuk sebuah rencana dan juga dalam merancang solusi yang bernilai ekonomi dan terukur.

Sektor dan jasa yang umum ditawarkan jasa konsultan properti meliputi:

  • Studi pra pembangunan meliputi lokasi, transportasi, juga zonasi
  • Menganalisa permintaan pasar
  • Proyek dalam analisis kelayakan juga pelaporan data
  • Negosiasi dan finalisasi projek
  • Manajemen pembangunan
  • Analisis keuangan peluang investasi properti
  • Negosiasi penjualan aset
  • Strategi perbaikan atau pembangunan kembali

Dalam hal ini sebuah komunikasi juga keterampilan negosiasi sangat penting untuk posisi ini. Gelar sarjana dalam real estate meliputi, administrasi bisnis, akuntansi atau bidang terkait merupakan persyaratan mutlak dalam posisi ini.

Apa Saja Pekerjaan Konsultan Properti

Salah satu tugas dari konsultan properti yaitu melakukan wawancara pada Konsumen atau pemilik properti baik individu maupun juga kepada perusahaan yang memerlukan pengetahuan dan bimbingan.

Seorang konsultan properti tidak bisa hanya mengandalkan satu program kerja saja. Mereka harus memiliki program yang banyak, contoh memiliki dan menjadikan sebagai plan A, plan B, plan C dan seterusnya apabila cara itu tidak manjur. Sehingga seorang konsultan marketing harus memiliki banyak cara dalam mengatasi setiap masalah perusahaan. Kemudian menjadikan pada target yang diharapkan agar dapat terpenuhi. Tidak hanya ucapan lisan semata, namun juga dalam tindakan nyata yang akan membuktikan jika kinerja dan ide para konsultan ini benar – benar kompeten dan bisa diandalkan.

Dari beberapa item kerja seorang marketing perlu dirancang secara rapi, kreatif, dan mudah dijalankan. Hal ini agar klien merasa lebih mudah dalam mempraktekan secara langsung serta mendapatkan manfaat yang lebih. Berikut ini beberapa contoh item dalam perannya dapat menunjang kesuksesan para Konsultan Properti, diantaranya yaitu:

1. Melakukan Survei dan Riset Terhadap Pasar

Tujuan dari survei ini dilakukan langsung pada tujuannya atau tempat – tempat proyek properti yaitu untuk melihat kondisi pemasaran saat itu, kemudian meninjau pada pembeli rumah. Mampu lebih cermat dalam memilih apa yang konsumen mau dan mengenal gaya manakah yang membuat konsumen mudah tertarik dalam cara pemasarannya.

2. Membuat Plan Program Jangka Pendek dan Panjang yang komprehensif

Program yang dibuat tidak hanya sebuah program yang asal – asalan saja, dan juga bukan program andai – andai yang tidak jelas kapan dilakukan. Seorang konsultan tentu akan memikirkan banyak hal yang berkaitan dengan program yang ada. Seperti masalah biaya yang akan dikeluarkan, SDM yang mendukungnya serta hal terburuk yang akan terjadi jika program tersebut gagal. Dengan membuat plan kedua bahkan seterusnya.

3. Menetapkan Target Penjualan Yang Pasti

Rumusan mengenai target boleh dibilang jarang sekali terpenuhi. Karena itu dari beberapa proyek yang hanya bisa menargetkan untuk penjualan pada konsumen saja. Contohnya seperti pada proyek perumahan yang baru saja selesai, diantara jumlah yang ada hanya sekitar 16 – 20 persen saja yang laku terjual. Masalah ini merupakan kesulitan dimana para konsultan harus memikirkan bagaimana memasarkannya dalam target lebih.

4. Membuat Sebuah Anggaran Yang Rasional

Dalam membuat sebuah rencana, salah satunya untuk media promosi seorang konsultan harus memikirkan berapa anggaran yang dimiliki. Jika maka anggaran bisa saja biaya yang dikeluarkan mahal. Contoh Anda bisa memanfaatkan media online sebagai media untuk promosi. Apabila jumlah anggaran yang dimiliki cukup berlebih, maka Anda bisa menggunakan dengan pola marketing berbasis billboard.

5. Memantau Pelaksanaan Program 

Penting bagi seorang konsultan untuk memastikan jika program kerja yang disusun dapat berjalan dengan baik. Dan apakah program tersebut telah terlaksana sebagaimana mestinya. Fungsinya untuk memonitoring ini meliputi poin dalam ketepatan waktu pelaksanaan program yang sudah direncanakan,  mengetahui isi materi iklan, juga visualisasi dari iklan itu sendiri. Jika konsep iklan tersebut menarik maka naik pula respon pembaca yang akan menjadi konsumennya. Dari kemampuan ini lah yang harus dibuktikan oleh konsultan kepada konsumennya.

6. Pelatihan SDM  Yang Ada

Adapun isi materi dari pelatihan yang dibutuhkan oleh tim marketing meliputi kemampuan dalam berkomunikasi yang efektif. Bagaimana staf marketing dapat bertutur kata dengan enak dan dapat didengar oleh konsumen. Bagaimana ia bisa bernegosiasi, teknik closing, dan administrasi penjualan yang tidak kalah penting guna diberikan pelatihan kepada tim marketing internal Anda.

7. Mengevaluasi Program  Yang Sudah Berjalan

Evaluasi yang akan dilakukan secara berkala, dilakukan pada saat penjualan menanjak, saat stagnan, dan juga tertekan. Gunanya jika ada kesalahan dalam proses penjualan maka dapat dilakukan perubahan strategi marketing dengan cepat dan tepat. Sehingga dari hal tersebut bisa belajar untuk tidak mengalami kesalahan yang sama di kemudian hari.

Sehingga dari contoh di atas dapat dipastikan bahwa peran penting jasa konsultan agar semua proyek yang ditentukan dan direncanakan bisa berjalan dengan tepat sasaran dan mencapai goal.

Nah demikianlah beberapa point terpenting mengenai pentingnya konsultan properti dalam proyek. Guna mencapai angka penjualan terbaik sesuai dengan target yang diharapkan tentunya.

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp