Positioning produk pada studi kelayakan merupakan hal yang sangat penting. Karena, dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa melihat peluang dan posisi usaha jika dibandingkan dengan usaha lainnya dengan jenis usaha yang sama. Hal ini perlu diidentifikasi sejak dini, karena dengan positioning yang baik Anda bisa membuat banyak rencana usaha baik itu jangka pendek, menengah dan panjang.
Melalui posisi produk yang baik, para ahli studi kelayakan dapat melihat layaknya suatu usaha dengan lebih baik. Karena dengan mengenal posisi produk dan jasa tersebut, para ahli bisa melihat kelebihan, kekurangan dan potensi usaha Anda. Pada akhirnya, dengan bantuan para ahli diharapkan rencana bisnis menjadi lebih baik sehingga bisa memberikan banyak keuntungan di masa depan.
Daftar Isi Artikel
4 Alasan Pentingnya Positioning Produk Pada Studi Kelayakan
Beberapa dari Anda tentu telah mengetahui bahwa positioning produk tersebut merupakan beberapa hal yang saling berkaitan satu sama lain. Beberapa bagian dari positioning produk tersebut antara lain karakteristik produk yang meliputi kelebihan dan kelemahan, kondisi pasar dan pesaing, pricing dan lainnya.
Mengetahui posisi tersebut tidak hanya penting untuk usaha tetapi juga bagi studi kelayakan. Karena para ahli feasibility study dapat memberikan penilaian dan analisa yang lebih mendalam. Selain itu, terdapat beberapa alasan lain betapa pentingnya positioning produk pada studi kelayakan, yaitu:
Memudahan Analisa Produk
Mengetahui positioning produk dan jasa dengan baik akan membuat para pakar studi kelayakan lebih mudah dalam melakukan analisa produk. Analisa produk yang dilakukan pakar feasibility study tentu tidak hanya berupa perbandingan harga dengan harga pasar tetapi juga memakai data-data dari konsumen untuk mengenal preferensi konsumen.
Namun, dengan positioning yang baik, para pakar feasibility study bisa lebih mudah melakukan identifikasi produk. Sekaligus melihat kelebihan dan keunggulan produk tersebut jika dibandingkan dengan pesaing-pesaing lainnya.
Memudahkan Analisa Pasar dan Pesaing
Alasan yang kedua berkaitan dengan yang pertama. Ketika Anda mengenal posisi produk dan usaha dengan baik, maka Anda telah memenangkan setengah persaingan usaha. Mengapa? Karena Anda tahu dimana posisi usaha yang dimiliki, seberapa luas jangkauan usaha yang dimiliki saat ini, market share yang bisa dikuasai dan lain sebagainya.
Dari hal tersebut, pakar feasibility study bisa melakukan analisa lebih lanjut untuk melihat peluang pasar serta pesaing yang ada. Jadi, dengan bantuan studi kelayakan Anda bisa melihat posisi bisnis dengan lebih jelas sehingga dapat bersaing dengan lebih baik.
Memudahkan Analisa Keuangan
Produk dengan positioning yang baik tentu memiliki rincian biaya yang jelas. Baik itu pegawai, peralatan, bahan baku sampai pada finishing produk. Pakar studi kelayakan bisa melakukan analisa keuangan secara mendalam dengan lebih mudah. Jadi, semua bagian proyeksi keuangan dapat dianalisa dengan baik dan dinilai apakah layak atau tidak sesuai dengan produk dan peluangnya di pasar.
Memudahkan Untuk Membuat Perencanaan Tahap Berikutnya
Keunggulan dari positioning produk yang jelas dan baik dapat dilihat dari banyaknya peluang untuk improvisasi. Artinya, produk tersebut masih bisa dikembangkan di masa depan. Karenanya, setiap usaha dengan positioning produk yang baik pasti memiliki rencana pengembangan ataupun marketing pada rentang waktu tertentu.
Pihak feasibility study dapat membantu perencanaan tersebut sehingga menjadi lebih baik dan feasible. Pada akhirnya rencana bisnis Anda yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik dan tepat waktu.
Itulah 4 alasan mengapa pentingnya positioning produk pada studi kelayakan. Tentu masih banyak alasan-alasan lainnya. Namun, dari beberapa alasan di atas Anda dapat memahami bahwa analisa positioning produk harus dilakukan sedari dini karena memiliki banyak manfaat baik untuk Anda, pakar feasibility study dan masyarakat. Karena, produk akan semakin mudah diidentifikasi dan dikenal dimasa depan.