Memulai sebuah bisnis hotel, banyak pengusaha  yang memulainya hanya dengan memiliki sebidang tanah beserta dengan modal yang tidak begitu besar. Untuk mewujudkan mimpi memiliki sebuah hotel dengan sebidang tanah tersebut, dibutuhkan suntikan permodalan dari pihak lain seperti pihak bank atau investor.  Dimana dalam pengajuan kredit pada pihak bank atau investor, calon pemilik hotel harus sudah memiliki rencana anggaran  atau pembangunan hotel serta studi kelayakan usaha Hotel.

Rencana anggaran biaya di buat oleh konsultan perencana atau seorang arsitek yang hasil output pekerjaannya berupa blue print design hotel lengkap dengan rencana anggaran biaya detail. Hal ini agar calon pemilik hotel, pihak bank atau investor mengetahui berapa kisaran dana yang dibutuhkan untuk pembangunan hotel tersebut. Untuk itu selain butuh rencana anggaran biaya, perlunya juga sebuah pentingnya studi kelayakan bisnis dalam perhotelan seperti berikut ini:

Peranan Studi Kelayakan Hotel

Studi kelayakan dibuat salah satunya oleh konsultan hotel dengan tujuan untuk mengetahui secara detail berbagai aspek operational, aspek pasar, aspek financial juga aspek managemen hotel secara menyeluruh. Studi kelayakan dibutuhkan karena pihak perbankan atau investor membutuhkan suatu keyakinan bahwa dana yang akan mereka keluarkan melalui kredit investasi tersebut aman dan dapat kembali tepat pada waktunya.

Ada 2 aspek penting dalam studi kelayakan yaitu:

1. Aspek Pasar

Studi kelayakan mencari informasi secara mendalam melalui investigasi lapangan tentang kekuatan pasar atau market demand akan produk hotel pada suatu wilayah tertentu. Sehingga dapat diketahui seluk beluk mengenai prospek pasar terhadap bisnis hotel.

2. Aspek Finance

Sebuah hitungan yang detail dan juga komprehensive  tentang rencana cash flow usaha hotel jika hotel itu kelak jadi beroperasi. Melalui analisa cash flow , maka pihak perbankan atau investor dapat melihat kemampuan Anda untuk mengembalikan pinjaman beserta dengan bunganya.

Selain dari pada aspek tersebut di atas fungsi dari studi kelayakan hotel yang perlu di ketahui yaitu:

1. Menghindari Adanya Resiko

Salah satu manfaat adanya studi kelayakan yaitu untuk menghindari resiko kerugian di masa yang akan datang, karena di masa yang akan datang banyak potensi yang menimbulkan adanya ketidakpastian. Kondisi ini yang dapat diramalkan akan terjadi atau memang dengan sendirinya terjadi tanpa dapat diramalkan. Fungsi studi kelayakan yaitu untuk meminimalkan resiko yang tidak diinginkan baik resiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan.

2. Mematangkan dan Memudahkan Perencanaan 

Proses perencanaan dapat meliputi  sejumlah dana yang diperlukan, kapan usaha akan dijalankan, letak lokasi akan di bangun, sumber daya manusia yang melaksanakannya, bagaimana cara menjalankannya, berapa besar keuntungan yang akan didapat, serta bagaimana mengawasinya apabila terjadi penyimpangan atau masalah.

3. Mempermudah Pelaksanaan Kerja

Dengan adanya sejumlah rencana yang sudah disusun akan sangat memudahkan sebuah proses pelaksanaan bisnis. Para pelaksana yang mengerjakan bisnis tersebut tentu memiliki pedoman yang dapat dikerjakan. Sehingga pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang jelas dengan pembagian tugas yang telah dirancang sebelumnya dengan baik.

4. Memudahkan Pengawasan

Dengan atau telah dilaksanakan sebuah usaha atau proyek sesuai dengan rencana yang disusun, maka akan memudahkan sebuah hotel untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya usaha. Pelaksanaan pengawasan dapat dilakukan berdasarkan hasil yang ditimbulkan berdasarkan dari target rencana bisnis tersebut.

5. Memudahkan Kontrol

Tujuan pengendalian yaitu untuk mengembalikan pelaksanaan pekerjaan yang  sebelumnya melenceng ke arah yang sesungguhnya, berdasarkan kebijakan-kebijakan tertentu. Yang bisa membuat masalah tersebut menjadi sejalan dengan rencana yang dibuat. Sehingga mampu memudahkan kontrol terhadap masalah yang timbul tersebut.
Dengan demikian pentingnya studi kelayakan bisnis dalam perhotelan yang bisa dilakukan demi kelangsungan perkembangannya.

 

 

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp