Studi kelayakan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan keputusan yang dilakukan dengan cepat dan terukur. Salah satu hal yang berkaitan dengannya adalah pemilihan investasi yang tepat untuk menghindari kerugian bagi bisnis. Keberadaannya menjadi penting karena dalam proses ini Anda harus paham bahwa pengambilan ide yang dirancang dari awal sudah tepat sasaran.

Kasmir dan Ja’far (2007:4) Studi kelayakan ialah penelitian mengenai layak atau tidaknya suatu proyek yang biasanya merupakan proses investasi yang akan dijalankan. Menurut Sutrisno (1982:75 ) studi kelayakan merupakan pengkajian akan suatu usulan proyek atau gagasan usaha yang apabila dijalankan akan sesuai dengan tujuan semula atau malah sebaliknya. Sedangkan Suad Husnan dan Suwarsono(2002:4) berpendapat bahwa hal itu mengenai penelitian tentang bisa atau tidaknya sebuah gagasan investasi dijalankan dengan berhasil.

Dari ketiga pendapat para ahli diatas bisa ditarik benang merah bahwa studi kelayakan merupakan sebuah proses pengambilan keputusan yang digunakan para pemegang bisnis dan orang di luar usaha untuk meneliti seberapa besar kelayakan suatu proyek akan dilaksanakan. Hal tersebut yang kemudian menuntut untuk melakukan decition making yang sesuai dengan perencanaan yang matang.

Nah, dibawah ini akan diulas mengenai tujuan studi kelayakan untuk sebuh proyek atau bisnis. Semoga bermanfaat ya.

Menghindari Risiko Kerugian Besar

Sebenarnya dalam ranah apapun Anda akan selalu dipertemukan dengan sebuah risiko.Baik itu kerugian kecil maupun besar. Jelas, untuk menghindari semua hal tersebut tidak mungkin bisa. Namun, setidaknya ketika sudah dipersiapkan apa saja yang akan menjadi rintangan para pelaku bisnis bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk melawannya.

Faktor tersebut yang kemudian membuat para pemegang bisnis melakukan studi kelayakan, karena dengan seperti itu mereka akan terhindar dari kerugian besar dalam usahanya. Secara tidak langsung sebuah perencanaan akan disusun untuk menentukan alur yang akan dilalui oleh perusahaan dalam menantang kompetitor.

Penentuan Perencanaan

Sekali lagi dalam berbagai aktivitas, baik itu yang berhubungan dengan usaha atau bidang non profit lainnya pasti perencaan  menjadi point pertama yang akan dibahas dan disusun oleh semua pihak. Nah, apalagi kegiatan yang dijalankan berhubungan dengan aktiva dan kegiatan ekonomi lain yang juga melibatkan banyak orang di dalamnya. Jelas, hal itu mendorong proses ini semakin krusial.

Berbagai riset lapangan yang dilakukan tentu akan merujuk pada sebuah kesimpulan dalam bentuk prediksi bisnis yang secara langsung bermanfaat untuk kelangsungan perbisnisan. Hal itu akan mempermudah dalam proses penyusunan perencanaan yang berguna untuk menjadi pusat agar usaha yang dilaksanakan tidak melenceng jauh dari tujuan semula.

Mempermudah Pelaksanaan

Sistem ekonomi akan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Ketika dalam sebuah bisnis sudah jelas planning tentu akan mempermudah proses pelaksanaan program. Anda tidak perlu khawatir, karena dalam tahap ini akan mengalir dengan baik selama sistem sebelumnya sudah dijalankan dengan tepat.

Mengapa bisa seperti itu? Karena tahap pelaksanaan akan mulai berjalan ketika sudah ada hasil akhir dari tahapan awal. Misalnya, riset studi kelayakan sudah mengatakan bahwa gagasan atau proyek yang dibicarakan sudah layak untuk dilaksanakan, barulah action dimulai.

Mempermudah Pengawasan

Hasil akhir dari studi kelayakan bisa digunakan untuk pengawasan usaha yang sedang berjalan. Tentunya apapun yang sudah disusun dengan jelas akan mempermudah kinerja dan menciptakan hasil maksimal untuk sebuah bisnis.

Baca Juga :

Pentingnya Konsultan Bisnis

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp