Dalam dunia bisnis sangat memerlukan adanya studi kelayakan bisnis, sebab suatu usaha tidak akan pernah terlepas dari yang namanya resiko, baik berupa kerugian ataupun resiko lainnya yang tak terduga. Nah, untuk Anda yang baru memulai bisnis, perlu ada pemahaman mengenai pentingnya studi kelayakan, serta aspek apa saja yang harus Anda perhatikan. Berikut penjelasan selengkapnya!

Tujuan Utama Studi Kelayakan Bisnis

Adapun tujuan dari studi kelayakan bisnis adalah untuk melakukan penilaian serta pertimbangan terhadap sebuah peluang bisnis. Jika peluang tersebut dinilai layak untuk dilanjutkan, maka akan dilakukan tinjauan lebih lanjut. Tentu saja hal ini bertujuan untuk melindungi Anda dari resiko mengalami kerugian besar.

Alasan Pentingnya Studi Kelayakan

Studi kelayakan disusun berdasarkan informasi dan data yang telah Anda kumpulkan, untuk selanjutnya dilakukan identifikasi terhadap segala hal yang menunjang tujuan bisnis Anda. Hal inilah yang menjadi alasan betapa pentingnya melakukan studi kelayakan sebelum bisnis tersebut berjalan. Tak hanya itu, dengan adanya informasi tadi dapat membantu dalam menyusun strategi pemasaran serta dapat memberikan solusi terkait logistik dan masalah bisnis lainnya.

Aspek-Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

Ada beberapa aspek penting yang bisa dijadikan pendekatan terhadap studi kelayakan bisnis yang akan dilakukan, diantaranya:

  1. Aspek Manajemen

Aspek pertama yang paling sering digunakan dalam studi kelayakan adalah aspek manajemen. Aspek yang satu ini, memang berhubungan erat dengan operasional bisnis. Bisa dikatakan, cakupannya yang paling luas, sebab dimulai saat tahap pembangunan hingga tahap pengembangan berakhir. Tak hanya itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan operasional tentu termasuk dalam aspek ini, mulai dari sumber daya tenaga kerja hingga keuangan perusahaan.

  1. Aspek Keuangan

Modal dalam dunia bisnis, di ibaratkan semacam nyawa agar bisnis tersebut dapat berjalan. Oleh karena itu, aspek yang satu ini menjadi salah satu indikator penting dalam studi kelayakan, sebab dapat menjadi penilai kelayakan terhadap sebuah bisnis.

  1. Aspek Pasar dan Pemasaran

Setiap bisnis harus memiliki target pasar yang jelas. Selain itu teknik pemasaran pun menjadi salah satu elemen penting dalam melakukan studi kelayakan. Dari sini, Anda bisa menganalisis potensi pasar, daya beli target market, market share yang mampu dicapai, serta menganalisis strategi pemasaran yang tepat agar dapat mencapai target market yang diharapkan.

  1. Aspek Hukum

Sudah tentu aspek ini berkaitan dengan persyaratan hukum yang harus terpenuhi oleh suatu perusahaan untuk bisa menjalankan bisnisnya. Selain itu, dapat menjadi acuan dalam pembangunan system agar tidak bertentangan dengan hukum. Sekalipun bertentangan, harus menyiapkan solusinya agar bisnis yang berjalan nantinya menjadi sah di mata hukum.

  1. Aspek Lingkungan

Salah satu aspek yang tidak kalah penting dari aspek lainnya. Sebab, aspek ini menyoroti peran suatu bisnis terhadap lingkungan di sekitarnya. Aspek ini dilakukan dengan menganalisis kesesuaian lingkungan, baik lingkungan terdekat, lingkungan jauh maupun lingkungan operasional bisnis. Diharapkan bisnis yang berjalan dapat memberikan manfaat dari segi ekonomi untuk lingkungan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !