mostbet kz1win slotpin up casino1win kzpin-up kz
apa yang dimaksud dengan marketing plan

pentingnya pembukuan perusahaan

Sebelum memulai suatu investasi baiknya Anda melakukan studi kelayakan proyek. Studi ini merupakan observasi mengenai apakah suatu investasi itu layak dilaksanakan atau tidak. Selain itu, studi ini dilakukan untuk mengetahui laba yang akan dihasilkan ketika proyek dilakukan pada jangka waktu tertentu.

Layak atau tidaknya suatu proyek investasi dapat ditentukan berdasarkan beberapa aspek, diantaranya

 

  1. Aspek Lingkungan

Aspek lingkungan dapat terdiri dari lingkungan hidup maupun sosio-budaya. Aspek lingkungan hidup atau AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) menyoroti penyelenggara proyek yang harus menjaga agar lingkungan tidak rusak setelah proyek dijalankan.

Aspek sosio-budaya terkait dengan manfaat keberadaan proyek tersebut terhadap masyarakat setempat, pendapatan nasional dan penyerapan tenaga kerja

  1. Aspek Pasar dan Pemasaran

Analisis pada aspek pasar bertujuan untuk mengetahui seberapa besar permintaan pasar dan market share yang diinginkan. Aspek ini tidak lepas dari kegiatan pemasaran yakni kegiatan menjual barang atau jasa. Yang perlu diteliti dari pemasaran adalah segmentasi, perilaku dan potensi konsumen, kekuatan pesaing serta penerapan strategi pemasaran.

  1. Aspek Finansial

Suatu proyek dikatakan layak berdasarkan aspek finansial apabila mampu memberikan keuntungan lebih dari apa yang harus dikeluarkan dalam pengoperasian suatu proyek. Anda perlu membuat anggaran yang tepat berapa uang yang harus dikeluarkan sebagai modal dan dalam proses operasional.

  1. Aspek Manajemen

Salah satu faktor kegagalan proyek bisnis/investasi adalah buruknya manajemen kantor. Manajemen yang baik harus mampu merencanakan jadwal kerja, pihak yang terlibat dan jobdesk nya serta membentuk suatu koordinasi dan pengawasan.

  1. Aspek Hukum

Aspek ini berkenaan dengan kelegalan proyek investasi yang akan dibangun, diantaranya mengenai ketentuan hukum, perizinan dan kelengkapan dokumen.

 

Selain memperhatikan aspek-aspek di atas, studi kelayakan proyek dapat diperkuat dengan analisis manfaat yang terdiri dari:

  1. Manfaat Ekonomis bagi Investor

Disebut juga sebagai manfaat financial yang meliputi keuntungan yang lebih besar dibandingan dengan faktor resikonya. Dengan melihat kelayakan suatu proyek maka investor akan yakin untuk menjalankan proyek tersebut yang dibantu dengan adanya jaminan keselamatan modal

  1. Manfaat Ekonomi bagi Negara

Manfaat ini bersifat makro seperti meningkatnya jumlah perdagangan dan partisipasi pasar global, penyerapan tenaga kerja secara masiv serta penghematan devisa negara. Studi kelayakan proyek tentu harus sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah khususnya yang berkaitan dengan Rencana Pembangunan Nasional

  1. Manfaat Sosial bagi masyarakat

Dengan adanya pembangunan proyek maka tidak tertutup kemungkinan akan adanya fasilitas-fasilitas umum yang dapat digunakan oleh masyarakat seperti pembangunan jalan dan pemasangan lampu jalan.

 

Dengan melakukan studi kelayakan proyek diharapkan para investor terhindari dari kerugian setelah proyek dijalankan. Semakin sederhana proyek yang akan dibangun maka semakin sempit ruang lingkup observasinya.

 

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !