Transformasi digital, istilah yang seksi tapi banyak disalah fahami. Ada beberapa kesalahan yang umum ditemui terkait pengertian istilah tersebut. Sebagian ada yang mengatakan kalau tahapan transformasi digital itu sama dengan berpindah jualan ke online. Jadi kalau perusahaannya sudah mulai melakukan penjualan produk dan layanannya secara online, maka dia sudah berani mengatakan bahwa perusahaannya sudah melakukan transformasi digital.
Ada juga yang memahami bahwa transformasi digital itu adalah mendigitalisasikan kondisi bisnis yang dijalankan perusahaan saat ini. Jadi bisnisnya tetap sama, hanya didigitalisasi saja. Ada juga yang mengatakan telah melakukan transformasi digital tanpa mempertimbangkan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pelanggannya.
Daftar Isi Artikel
Apa arti sebenarnya dari transformasi digital?
Transformasi digital terjadi saat sebuah perusahaan merombak segala proses, strategi, kompetensi, dan aktivitas dengan menggunakan teknologi terbaru untuk mencapai tujuan. Perusahaan-perusahaan yang sudah memulai implementasi transformasi digital sudah merasakan keuntungannya seperti menjadi lebih kompetitif, agile, kolaboratif, scalable, dan lingkungan kerja yang aman.
Ekosistem bisnis terus berkembang, tapi kenapa harus melakukan transformasi digital? Karena digitalisasi sudah merambah ke semua aspek kehidupan, perusahaan-perusahaan juga harus mengimplementasi transformasi digital untuk efisiensi dan lebih kompetitif di pasar. Transformasi digital termasuk menggunakan teknologi berbasis cloud untuk mengubah proses kerja perusahaan dan lingkungan IT.
Publik mengira transformasi digital hanya sekadar mengimplementasi teknologi digital terbaru, kecerdasan buatan, atau machine learning. Namun, transformasi digital juga mencakup keberlangsungan perusahaan untuk terus memiliki performa lebih baik, kemudahan kolaborasi antar karyawan, ekspansi bisnis, dan meningkatkan customer experience.
Tahapan Transformasi Digital Perusahaan
Jika tidak mewujudkan inisiatif transformasi digital menjadi strategi yang baik, perusahaan ditakdirkan gagal di dalam permainan ini. Bisnis dapat fokus pada tahapan-tahapan berikut untuk meningkatkan peluang menang mereka di era transformasi digital.
Merancang Pengalaman yang Berorientasi Pelanggan
Pengalaman pengguna yang menyenangkan, dapat dipersonalisasi, cepat dan interaktif adalah apa yang dicari oleh kebanyakan pelanggan. Pengalaman-pengalaman ini dapat dicapai melalui pengembangan inovatif dan desain yang mulus. Contoh perusahaan ternama adalah Google, Facebook, Disney, Starbucks, dll.
Melibatkan Strategi Antar Channel
Pada zaman sekarang ini, pelanggan berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai jenis channel, dari toko fisik hingga situs online, dari layanan pelanggan hingga media sosial, dan masih banyak lagi. Channel online maupun offline penting bagi pelanggan untuk mendapatkan pengalaman pengguna terbaik.
Memperkuat Cybersecurity
Pada era digital ini, properti intelektual dan data bisnis menjadi aset berharga perusahaan. Oleh karenanya, ini juga berarti cybersecurity menjadi semakin penting untuk melindungi aset digital perusahaan.
Terus berpacu dengan inovasi dan perubahan
Untuk menjadi salah satu pemenang pada era digital dengan memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan digital, rute inovatif harus dipertimbangkan, terutama bagi bisnis tradisional.
Perusahaan tradisional atau bereputasi mampu mengubah dan menciptakan nilai dengan tiga aspek penting:
- Inovasi produk dan jasa
- Transformasi model bisnis
- Perbaikan proses bisnis
Garis Bawahi Keberhasilan dan Evaluasi untuk Proses Optimalisasi
Terakhir, yang perlu Anda lakukan adalah mencatat hasil apa saja yang didapat selama dan sesudah digitalisasi yang dilakukan di perusahaan. Tentukan KPI yang akan digunakan untuk evaluasi sebelum implementasi teknologi dijalankan.
KPI tersebut akan digunakan untuk mengevaluasi apakah hasil yang didapatkan sudah sesuai dengan tujuan digitalisasi perusahaan. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk mengetahui aspek apa yang perlu ditingkatkan dan hal apa saja yang patut dipertahankan.
Siap lewati tahapan transformasi digital dengan Grapadi Konsultan
Janganlah menganggap enteng risiko transformasi digital di Indonesia serta konsultasi sehubungan dengan memasuki pasar jika Anda ingin menjadi salah satu pemain penting dalam pasar digital Indonesia. Hubungi kami di www.grapadikonsultan.com dan dapatkan penawaran terbaik untuk pertanyaan Anda. (mt)