Pembahasan menuju pada riset pemasaran yang mencakup banyak hal didalamnya. Bukan hanya sekedar bagaimana produk dijual ke konsumen. Melainkan detail yang dicakup akan lebih banyak karena fungsinya yang diwajibkan untuk mengakomodir seluruh permintaan. Hal tersebut tentu menjelaskan bahwa teori mengenainya akan sangat luas dibandingkan hanya dengan penjualan.
Andika Pujangkoro berpendapat bahwa marketing merupakan jalan sebuah jalan menuju kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan secara total kepada konsumen. Andika Pujangkoro, menjelaskan bahwa pemasaran ialah media untuk menginformasikan sebuah add value yang lebih tinggi.Sedangkan menurut William J. Stanton, pemasaran adalah sistem dari kegiatan usaha yang bertujuan menentukan harga jasa atau barang, membuat perencanaan, promosi, mendistribusikan, dan kepuasan konsumen menjadi target utama untuk mencapainnya.
Dari pendapat diatas bisa diambil kesimpulan akan begitu banyak point yang harus dilakukan untuk menjalankan riset pemasaran. Kenapa kemudian dia menjadi ujung tombak untuk sebuah perusahaan ? tidak ada yang lain jawabnya karena aktivitasnya akan langsung berhubungan dengan konsumen atau pasar yang menjadi sasaran utama dalam proses tersebut.
Berikut ini merupakan penjelasan yang bersangkutan dengan prioritas beserta cakupan riset pemasaran dalam perusahaan bisnis. Semoga bermanfaat ya.
Planning Pemasaran
Perencanaan menjadi hal utama yang harus disiapkan dalam sebuah kegiatan. Disni, Anda akan bertemu dengan planning jangka panjang yang biasanya mencakup anggaran promosi produk, dan biaya operasional lain yang harus disiapkan untuk menunjang mencapaian tujuan.
Berikutnya perusahaan akan berada pada tahap penentuan strategi. Jelas, dalam hal ini semua aspek harus diperhitungan. Kenapa demikian? Karena dalam proses inilah semua elemen ekonomi dilibatkan. Mulai dari, strategi produk, harga, konsumen, sampai cara pendistribusiannya.
Sistem Informasi
Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa dalam proses pemasaran akan banyak aktivitas yang dilakukan. Semuanya penting dan membutuhkan data yang cukup untuk mencapainya. Jelas, faktor tersebut menuntut para anggota organisasi yang berada didalamnya memiliki data atau informasi yang akurat. Hal itu yang kemudian adanya sistem yang baik untuk mengatur semua riset yang akan dilakukan.
Organisasi Pemasaran
Pengorganisasian menjadi salah satu bagian darinya berhubungan dengan perusahaan harus paham dengan apa yang sudah menjadi tujuan bisnis, dan tujuan dari struktur pemasaran itu sendiri. Nah, semua itu harus jelas disebabkan banyaknya hal yang nantinya akan dihadapi oleh bisnis tersebut.
Pemilihan Sasaran
Target menjadi hal yang tidak kalah penting. Inilah yang nantinya akan mempermudah tim dalam melakukan action di lapangan. Wilayah yang sesuai dengan produk yang akan dijajakan, serta konsumen yang sudah diperhitungkan, dan segmentasi pasar yang sesuai titik terpenting dalam pembahasan ini. Sasaran yang jelas akan membuat apa yang sudah direncanakan berjalan dengan baik sesuai dengan planning awal.
Memastikan Konsumen Puas
Riset yang satu ini akan cukup membantu menilai apakah marketing yang sudah dijalankan sduah sesuai? Hal tersebut tidak hanya diukur dari banyak penjualan dalam satu hari, melainkan butuh dibandingkan setiap waktunya. Agar hasil akhir menunjukan kepastian bahwa semua sistem beroperasi dengan baik.
Semua faktor pendukung riset pemasaran sangat dibutuhkan dalam pencapaian sebuah perusahaan. Hal tersebut selain karena berssangkutan dengan tujuan yang akan dicapai, berhubungan pula dengan konsep yang akan dirancang untuk berkompetisi dengan para kompetitor ataupun pelaku bisnis lain yang posisinya selalu tidak terduga.