Daftar Isi Artikel
Langkah-Langkah Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis
Studi Kelayakan merupakan suatu kegiatan perencanaan yang tersusun dari beberapa aspek untuk menentukan kelayakan sebuah perusahaan berdiri. Aspek ini pun meliputi, legalitas untuk menentukan kelegalan perusahaan, pasar dan pemasaran sebagai strategi bisnis, manajemen, keuangan, lingkungan, dan lain-lain.
Biasanya para pebisnis melakukan kegiatan ini dengan para pelaku dan konsultan bisnis yang ahli. Salah satunya yaitu penyedia Jasa Pembuatan Studi Kelayakan. Hal ini dilakukan karena studi kelayakan ini semacam penentu masa depan perusahaan, jika tidak dilakukan dengan sebaik mungkin akan berakibat fatal.
Tentunya juga terdapat langkah-langkah penting yang harus diperhatkan dan dilaksanakan dengan benar. Untuk mengetahui langkah-langkah tersebut, sebagai berikut :
Menganalisis Kelayakan Teknis
Di dalam studi kelayan terdapat salah satu aspek yaitu teknis atau teknologi. Pada aspek ini perlu dilakukan analisis untuk memastikan ketersediaan teknologi dalam menjalankan bisnis di masa depan. Jasa Studi Kelayakan pun akan melakukan beberapa studi fasilitas produksi.
Studi fasilitas produksi ini meliputi banguan perusahaan, lokasi perusahaan, dan pemilihan teknologi. Perencanaan bangunan berkaitan dengan bahan yang diolah, proses pengolahan, penyediaan ruang , masalah material , fleksibilitas, keamanan, kekuatan, dan lain-lain.
Sedangkan pada tata letak akan dianalisis penempatan fasilitas yang dipakai di dalam pabrik, gudang, kantor, perusahaan jasa, dan lain-lain. Berkaitan dengan pemilihan teknologi, akan ditentukan teknologi yang bisa memproses produk tertentu dengan lebih dari satu cara.
Menganalisis Peluang Pasar
Pada aspek pasar dan pemasaran pastilah dibahas tentang bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan. Dengan melakukan studi kelayakan maka akan dilakukan analisis mengenai peluang pasar dan target yang tepat.
Analisis terhadap peluang pasar akan membantu mengetahui keinginan konsumen, melihat peluang bisnis, merencanakan target pemasaran yang tepat, memperkecil kemungkinan gagal, serta tidak tertinggal dengan pesaing perusahaan lain.
Selain itu, langkah ini juga akan membahas tentang segmentasi pasar yaitu kepada siapa kasa atau produk dari perusahaan ini akan ditawarkan.
Melakukan Percobaan atau Uji Coba Pasar
Percobaan yang dimaksud adalah mencoba menjual jasa atau produk dari perusahaan setelah perencanaan studi kelayakan dibuat. Setelah melakukan perencanaan dan meliputi aspek-aspek yang ada, maka pebisnis bisa mencoba untuk melakuakan penawaran pada konsumen.