Tips Melakukan Digitalisasi UMKM Sebagai Kunci Kemajuan Bisnis

Digitalisasi UMKM

Ketika roda zaman berputar semakin cepat, industri yang muncul dan berusaha berkembang harus selalu up-to-date dengan perkembangan terkini. Pada sektor UMKM misalnya, juga wajib mulai beralih ke bentuk digital. Digitalisasi UMKM akan menjadi faktor penting jika sektor bisnis ini ingin terus eksis dalam dunia industri.

Tapi sebenarnya bagaimana cara efektif melakukan digitalisasi dalam usaha yang dijalankan UMKM? Bukankah area pemasaran dan kapasitas produksinya juga masih terbatas? Bagaimana pula cara mewujudkannya?

Dalam praktek digitalisasi, sebenarnya hal yang dilakukan tidak terbatas pada cara pemasaran atau promosi saja, namun juga kemudahan pembayaran dari aktivitas bisnis yang dilakukan UMKM. Maka berikut ini tips melakukan digitalisasi UMKM pada bisnis Anda.

Tips Digitalisasi UMKM

  1. Tentukan model bisnis.

    Digitalisasi bisa mencakup keseluruhan aspek atau Sebagian aspek saja. Kamu bisa menentukan aspek mana yang akan kamu integrasikan dengan teknologi. Misalnya, kamu ingin mengubah model penjualan menjadi online, atau hanya ingin mengubah sistem kerja internalmu saja.

  2. Tentukan platform E-commerce

    Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis platform yang akan kamu gunakan. Misalnya, platform berbagai dokumen dan file, platform penjualan produk, platform kepegawaian, hingga platform pemasaran.

    E-Commerce bukan hanya sebatas marketplace untuk menjual produk atau jasa secara daring saja, loh. Platform ini juga mampu memperluas jangkauan pemasaran, memudahkan pelanggan saat melakukan pembelian, mendatangkan pelanggan dari sosial media atau mesin pencari, dan masih banyak lagi.

    Untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM, kamu bisa mendaftarkan bisnis kamu di berbagai platform e-Commerce. Upaya ini akan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pelanggan serta mempromosikan UMKM di dunia maya.

  3. Aktif di media sosial dan website

    Selanjutnya, cara yang tepat untuk mengoptimalkan digitalisasi adalah membangun online presence. Apa itu online presence?

    Online presence bisa diartikan sebagai kehadiran online. Artinya, platform bisnis kamu, baik website maupun media sosial, mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari para pengguna internet dibandingkan dengan kompetitor. Alhasil, bisnismu akan dikenal dan diminati oleh banyak orang.

    Dalam mengoptimalkan digitalisasi UMKM, fungsi utama dari online presence adalah menggaet pelanggan baru ketika mereka mengunjungi platform bisnis kamu. Masyarakat akan cenderung percaya dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan apabila online presence bisnismu aktif dan interaktif.

  4. Pelajari cara pemasaran online

    Setelah membangun online presence dalam bisnismu, cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM berikutnya yang patut kamu lakukan adalah pemasaran online (online marketing). Online marketing dapat membantu para pelaku UMKM dalam melakukan riset untuk mengetahui produk yang diminati oleh konsumen. Riset ini dapat membantu kamu dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

    Online marketing merupakan salah satu strategi utama untuk mengoptimalkan UMKM karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh. Dengan menerapkan online marketing, kamu bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas, menghemat waktu dan biaya, memudahkan proses pemilihan target pasar, dan lain sebagainya.

  5. Aktif di Komunitas Belajar tentang Digitalisasi UMKM

    Menyusun strategi untuk memajukan usaha UMKM memang penting, namun menambah wawasan juga tak kalah penting dalam menjalani suatu bisnis. Tanpa pengetahuan yang cukup, kamu pastinya akan mengalami kesulitan ketika ingin mengoptimalkan digitalisasi UMKM.

    Perbanyak ilmu kamu tentang digitalisasi UMKM dengan sesama pelaku bisnis, khususnya yang sudah UMKM go online. Jangan malu untuk bertanya sebanyak-banyaknya dengan mereka yang sudah berpengalaman. Lebih baik bertanya daripada sesat di jalan, kan?

  6. Belajar Digital Marketing dengan Grapadi Konsultan

    Dalam rangka mendukung digitalisasi UMKM yang optimal. ItialuS Grapadi Internasional juga turut berkontribusi dengan memberikan konsultasi bisnis online. Upaya ini dilakukan untuk terus mendukung kemajuan bisnis di Indonesia.

Menjadi bagian penting dari era digital sekarang ini, Grapadi konsultan telah sukses mendukung bisnis yang bersih, efektif, dan efisien. Hubungi layanan pelanggan Grapadi Konsultan dan dapatkan keterangan lebih lanjut. (mt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !