mostbet kz1win slotpin up casino1win kzpin-up kz
Aspek Pasar dan Pemasaran

Ketika berniat mendirikan sebuah bisnis, ide cemerlang belum cukup untuk membuat bisnis sukses. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan. Khususnya apakah produk itu sudah market fit di pasar dan memiliki analisis aspek pasar dan pemasaran yang sesuai. Oleh karena itu studi kelayakan bisnis perlu untuk dilakukan.

Meskipun penting dilakukan, akan tetapi banyak pengusaha yang kerap mengabaikan studi kelayakan ini. Akibatnya, sebagian usaha yang dilakukan terkadang menemui jalan buntu atau bahkan gulung tikar.

Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas tentang kunci aspek pasar dan pemasaran yang menjadi ujung marketing dalam bisnis. Simak sampai selesai ya!

Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran

Di Masa lalu sebelum ilmu pemasaran berkembang dan dikenal secara luas seperti sekarang ini, setiap perusahaan berusaha untuk terlebih dahulu berproduksi sebanyak-banyaknya, baru kemudian berusaha untuk memasarkannya kembali.

Dalam kondisi semacam ini mereka tidak peduli dengan kondisi permintaan yang ada, sehingga banyak diantara produsen mengalami kegagalan dan bahkan terus merugi, akibat jumlah produksi tidak sesuai dengan jumlah permintaan.

Dimasa sekarang, dimana tingkat persaingan yang demikian ketat, pola seperti diatas sudah lama ditinggalkan. Banyak produsen sebelum barangnya diproduksi terlebih dahulu melakukan riset pasar dengan berbagai cara, misalnya dengan tes pasar melalui pemasangan iklan, seolah-olah barangnya sudah ada. Tujuannya tidak lain adalah untuk melihat kondisi permintaan yang ada sekarang ini terhadap produk yang akan diproduksi, apakah mendapat tanggapan atau tidak dari calon konsumennya, baik kualitas maupun harga. 

Dari hasil riset pasar ini perusahaan sudah dapat meramalkan berapa besar pasar yang dapat diserap dan bagaimana cara menyerap pasar yang ada, termasuk yang ada di tangan para pesaing sekarang ini. 

Begitu pentingnya peranan pemasaran dalam menentukan kelanjutan usaha suatu perusahaan, sehingga banyak diantara perusahaan dalam manajemennya menempatkan posisi pemasaran paling depan. 

Seorang pemasar harus selalu tahu lebih dahulu pasar yang akan memasukinya seperti:

  1. Ada tidak pasarnya
  2. Seberapa besar pasar yang ada
  3. .Potensi pasar
  4. Tingkat persaingan yang ada, termasuk besarnya market share yang akan direbut dan market share pesaing.

Setelah para pemasar memperoleh data kondisi pasar yang akan dimasuki, maka akan melakukan peramalan berapa permintaan yang ada sekarang dan dimasa yang akan datang serta berapa besar pasar yang harus direbut.

Proses Mengkaji Aspek Pasar dalam Studi Kelayakan Bisnis

Proses mengkaji aspek pasar dimulai dari menilai situasi. Suatu keputusan aspek pasar harus dilandasi dengan pengertian dan pemahaman atas situasi dan perkembangan dunia usaha pada umumnya dan aspek pasar yang bersangkutan khususnya seperti:

  • Sifat Pasar
  • Persaingan, monopoli, bebas dan lain-lain. 
  • Jumlah produsen yang telah ada dan perkiraan penambahan. 
  • Besarnya permintaan pasar (terhadap produksi yang sejenis) dan potensi pertumbuhan. 
  • Pangsa pasar, potensi dan pertumbuhan. 
  • Perilaku Konsumen 
  • Lapisan masyarakat pembeli;
  • Sebab atau dorongan dan motivasi untuk membeli;
  • Kapan dan dimana, volumenya berdasarkan musiman, atau relatif tetap. Membelinya di pasar, di toko atau di pabrik berdasarkan pesanan/agen. 
  • Market Environment
  • Politik dan peraturan, seperti peraturan-peraturan yang akan atau sedang diberlakukan, syarat keselamatan, dan lain-lain.
  • Sosial dan ekonomi seperti perubahan komposisi kependudukan, pekerja wanita, lokasi, nilai-nilai yang sedang menonjol.
  • Teknologi, kemajuan aspek teknologi, adanya penemuan baru mengenai proses produksi serta peralatan yang mendukungnya.

Program Pengkajian Aspek Pasar dan Pemasaran

Program merangkum tugas-tugas yang spesifik dan memusatkan pada sasaran tunggal, seperti pengembangan suatu produk untuk mendukung suatu strategi perusahaan yang lebih besar.

Contoh problem definition beserta program pengkajian aspek pasar suatu produk dapat meliputi:

  • Segmen. Ketentuan segmen/pangsa pasar yang akan dijadikan sasaran. Identifikasi manfaat segmen pangsa pasar yang bersangkutan.
  • Pola dan Jaringan. Sejauh mana jaringan distribusi yang direncanakan. Kemudian bagaimana pola distribusi, menggunakan sistem pengecer (retailer) dan lain-lain.
  • Promosi. Pemilihan cara dan media promosi, lalu seberapa besar skala promosi yang akan dilakukan.

Pangsa Pasar dan Persaingan

Pada bagian pangsa pasar, kita harus menentukan pangsa pasar yang ingin diraih, upaya penetrasi pasar seperti apa yang bisa dilakukan, serta komposisi marketing mix.

Kemudian dari sisi persaingan, perlu dilihat tentang kondisi yang ada, apakah monopoli, setengah monopoli, atau persaingan bebas. Selanjutnya melakukan identifikasi perusahaan pesaing, berapa besar, kinerja pesaing serta strateginya, produk yang dihasilkan dari sisi jumlah dan kualifikasinya, ada tidak kemungkinan substitusi produk.

Dari sisi harga, struktur dan berapa sasaran total harga. Kemudian berapa besar tingkat harga produk sejenis, bagaimana tanggapan terhadap fluktuasi harga dari pesaing, serta adakah harga berubah berdasar musiman.

Strategi Pemasaran

Pada bagian ini, strategi pemasaran seperti apa yang bisa dilakukan. Jika melakukan promosi, maka lingkup yang diteliti meliputi luas dan jangkauan, metode yang dipakai, apakah menggunakan advertensi, hadiah dan lainnya.

Lalu dari sisi distribusi, hal-hal yang perlu diteliti meliputi cara distribusi, mode transportasi serta pengemasan.

melakukan analisis aspek pasar dan pemasaran merupakan salah satu hal yang penting dilakukan ketika menjalankan bisnis. Dengan melakukan analisis ini, pebisnis dapat terhindar dari banyak kemungkinan buruk yang melanda perusahaan.

Tidak hanya itu, analisis aspek pasar dan pemasaran juga bisa meningkatkan peluang perusahaan untuk meningkatkan penjualannya. Jadi, pebisnis sebaiknya tidak lagi ragu untuk melakukan studi kelayakan bisnis agar perencanaan usaha Anda lebih matang dan pastinya keuntungan akan datang. (MEI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !