mostbet kz1win slotpin up casino1win kzpin-up kz
Studi Kelayakan Bisnis

Restoran merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang jasa. Kepuasan konsumen sangat dipentingkan oleh para pengusaha restoran. Usaha restoran merupakan salah satu bidang usaha yang mampu bertahan bahkan dapat berkembang pada kondisi ekonomi Indonesia yang tidak menentu.  Khusus dalam artikel ini, kita akan membahas dan mengenal studi kelayakan bisnis restoran ayam bakar lesehan, khusus bagi para pegiat bisnis kuliner di luar sana baca artikel ini sampai habis.

Sebagian besar bisnis restoran didirikan adalah dengan alasan “setiap orang butuh makan”. Akan tetapi seiring berkembangnya bisnis restoran, maka semakin ketat pula persaingan yang terjadi untuk itu sebuah studi kelayakan bisnis diperlukan untuk mengetahui gambaran tentang kemungkinan sebuah bisnis untuk dijalankan. 

Studi Kelayakan Bisnis Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta

Contohnya, Ayam Cinta adalah merek ayam bakar yang punya banyak penggemar karena nikmat dan kepedasannya khas Nusantara. Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta didirikan pada September 2022 dan outlet pertama berada di Yogyakarta. Berikut analisisnya:

  • Aspek Hukum

    Pendirian dan beroperasinya suatu usaha diakui keberadaannya oleh pemerintah jika berbentuk badan usaha dan memiliki perizinan usaha. Kelengkapan dan keabsahan dokumen sangat penting karena ini merupakan dasar hukum yang harus dipegang apabila dikemudian hari timbul masalah.

    Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta sudah memiliki dokumen dan surat resmi terkait dengan pendirian dan operasional usaha. Perizinan usaha yang dimiliki usaha Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta adalah (1) akta pendirian; (2) Tanda Daftar Perusahaan (TDP) ; (3) Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) ; (4) surat keterangan domisili usaha; (5) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); (6) Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta sertifikat – sertifikat atau surat – surat berharga lainnya.

 

  • Aspek Pasar Dan Pemasaran

    Konsep pemasaran yang diterapkan oleh Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta menekankan proses penjualan dari produsen kepada konsumen. Sistem tersebut bertujuan untuk memperoleh laba dan keuntungan dengan menggunakan sistem bauran.

 

  • Aspek Teknis/Operasi

    Kelayakan bisnis Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta dapat dilihat dari lokasi usaha, luas produksi, layout atau tata letak ruangan, dan pemilihan teknologi yang digunakan. Jika dilihat dari teknis lokasi, restoran ini layak dijalankan karena berada di pinggir jalan raya.

    adanya tenaga listrik dan air yang dibutuhkan untuk operasional usaha, tersedianya tenaga kerja, terjaminnya sumber daya yang dibutuhkan dan akses yang mudah untuk menjangkau lokasi restoran.

 

  • Aspek Manajemen Dan SDM

    Aspek manajemen dan organisasi adalah salah satu aspek yang penting dalam suatu perusahaan. Dimana semua aktivitas operasional kerja maupun dalam produksi akan lebih terarah dan efektif jika sudah ada sistem manajemen yang baik.

    Dalam perencanaan untuk tugas dan tanggung jawab karyawan sudah ada perencanaan yang khusus maupun pada perencanaan yang memiliki SOP. Hal yang paling diutamakan pada Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta adalah tentang kejujuran serta etos kerja yang baik.

 

  • Aspek Ekonomi, Sosial Budaya, Dan Politik

    Dalam aspek ekonomi hal yang dilihat adalah bagaimana kontribusi suatu usaha terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan dibukanya Rumah Makan Lesehan Ayam Cinta ini cukup membantu masyarakat untuk membuka kesempatan kerja serta dapat menumbuhkan industri lain seperti menumbuhkan supplier lokal dalam pengadaan bahan baku.

 

  • Aspek AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan Hidup)

    Aspek Lingkungan adalah suatu pengkajian yang dikenal sebagai analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang merupakan suatu mekanisme untuk mencapai kelestarian lingkungan, aspek lingkungan meliputi limbah yang dihasilkan oleh proses produksi. Aspek ini dilakukan agar kualitas lingkungan tidak rusak dengan beroperasinya proyek – proyek industri.

    Restoran juga sangat menjaga kebersihan lingkungan. Setiap harinya setelah restoran tutup, beberapa karyawan yang sudah ditugaskan akan membuang sampah ke tempat pembuangan sampah. Hal tersebut dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya

Dengan demikian, semoga contoh ini dapat menjadi referensi dan menjadi panduan atau referensi bagi pengusaha – pengusaha baru yang akan merilis atau memulai usahanya, agar dapat melihat studi kelayakan bisnis usaha yang akan dijalankannya apakah layak atau tidak. (mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !