Ketika Anda ingin memulai berbisnis atau memiliki perusahaan yang terjun dalam dunia bisnis, ada berbagai aspek yang harus dipertimbangkan. Contoh dengan modal yang kuat, strategi bisnis yang matang sampai melakukan studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis merupakan salah satu aspek yang menentukan dalam berbisnis, yang sayangnya masih belum dipahami oleh banyak orang.
Umumnya tujuan dari studi kelayakan bisnis yaitu untuk menghindari resiko terjadi kegagalan besar dari kegiatan yang tidak menguntungkan. Studi kelayakan bisnis dibuat untuk berbagai pihak, baik untuk pihak internal perusahaan dan juga pihak eksternal perusahaan. Oleh karena itu pentingnya studi kelayakan bisnis dalam kemajuan usaha yang ingin Anda rintis. Berikut ini ketahuilah 10 alasan mengapa harus menyusun studi kelayakan seperti di bawah ini:

1. Untuk Menghindari Resiko Kerugian

Tujuan pertama adanya studi kelayakan yaitu untuk meminimalkan risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan. Kondisi di masa yang akan datang yang sulit untuk dapat diprediksi, sehingga perlu untuk melakukan analisis studi kelayakan untuk memperkecil resiko kerugian yang kelak terjadi.

2. Mempermudah Perencanaan

Dengan adanya ramalan di masa yang akan datang, maka mempermudah adanya sebuah perencanaan. Perencanaan itu sendiri meliputi jumlah modal, waktu pelaksanaan, lokasi, cara pelaksanaan, besarnya keuntungan serta keuntungan serta bagaimana pengawasan bila terjadi penyimpangan. Itulah mengapa alasan studi kelayakan berperan dalam hal ini.

3. Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan

Perencanaan yang disusun dapat mempermudah penerapan, proses bisnis dapat dilakukan secara tersusun rapi sehingga para karyawan dapat memiliki pedoman dan tetap fokus pada tujuan, sehingga rencana bisnis dapat tercapai sesuai dengan apa yang di rencanakan. Hal ini juga demi kemajuan bisnis di masa mendatang.

4. Memudahkan Pengawasan

Dengan pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang telah disusun, maka pengawasan dalam proses bisnis akan lebih mudah untuk di pantau. Pengawasan dilakukan, agar jalannya usaha tetap pada jalur dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Sehingga hal yang melenceng dapat terhindar dan juga bisa ditangani secara tepat.

5. Memudahkan Pengendalian

Bila terjadi penyimpangan, maka akan mudah untuk memperbaikinya dan dapat langsung untuk dikendalikan sehingga tidak terlalu jauh penyimpangan tersebut terjadi. Itu menjadi alasan mengapa studi kelayakan dibutuhkan dalam mengendalikan faktor yang tidak diinginkan.

6. Memahami Peluang

Dengan melakukan penelitian dalam menentukan bisnis yang akan dijalankan maka Anda dapat mengetahui bisnis yang dijalankan apakah bisa menghasilkan keuntungan ataukah tidak.  Tentunya ini akan membuat Anda tidak akan membuang waktu dan uang dengan percuma untuk usaha yang tidak menghasilkan laba.

7. Menguji Konsep Bisnis

Studi kelayakan bisnis dapat membantu Anda dalam menguji konsep bisnis serta mencari tahu bagaimana mengatasi permasalahan yang akan dihadapi kelak. Tentunya ini akan bermanfaat bagi Anda dalam mempersiapkan perencanaan yang matang, seperti adanya biaya-biaya yang tidak terduga di saat proses usaha berjalan.

8. Menambah Kepercayaan Diri

Sebuah penelitian yang lengkap dan juga akurat dapat memberikan kepercayaan diri Anda untuk mengembangkan bisnis. Hal ini dikarenakan sudah memperhitungkan kelayakan bisnis yang akan Anda jalankan. Dan hal ini akan memudahkan dalam merealisasikan setiap rencana pengembangan usaha. Selain itu studi kelayakan bisnis juga dapat membantu Anda dalam mengevaluasi segala kegiatan usaha yang dilakukan.

9. Keuangan atau Permodalan

Studi kelayakan bisnis untuk menentukan berapa modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis Anda. Hal penting yang harus diingat yaitu bahwa salah satu faktor kegagalan dalam bisnis adalah permodalan yang tidak memadai. Sehingga dengan menggunakan studi kelayakan dapat membantu Anda mempresentasikan ide kepada pihak lain yang memiliki kepentingan dengan usaha Anda. Sehingga dapat diketahui berapa modal yang diperlukan.

10. Mengetahui Pesaing Dan Prospek Pasar

Dengan melakukan studi kelayakan tentunya usaha yang akan Anda jalankan lebih bisa mengetahui pesaing dan juga prospek dalam pasar yang ingin Anda incar. Dengan begitu Anda bisa memperbaiki apa yang kurang dari usaha dan juga dapat mengembangkan apa keinginan dari pasar itu sendiri. Dengan begitu produk Anda dapat diterima dan bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya.
Demikianlah 10 alasan mengapa harus menyusun studi kelayakan yang bisa Anda ketahui dalam mengembangkan bisnis di masa mendatang.
Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp