Riset pasar merupakan sebuah kegiatan krusial yang mesti dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mempermudah proses strategi pemasaran. Salah satu tujuan dari penelitian tersebut  tidak lain untuk mengetahui segmen dan target pasar atau konsumen. Keuntungan yang didapat dari hasil tersebut ialah kemudahan pebisnis untuk menentukan pelayanan yang efektif terhadap segmentasi market. Kondisi ini akan berdampak pada penghematan biaya promosi dan pemasaran. Karena ketidak mungkinan perusahaan melayani pasar yang luas dan beragam.

Segmen pasar yang jelas lebih membantu perusahaan untuk memberikan kepuasan terhadap konsumennya. Hal ini secara otomatis akan memfokuskan pebisnis dalam menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki peluang besar. Segmentasi itu sendiri adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen untuk dikumpulkan menjadi satu dalam karakter pasar yang homogen.

Segmentasi sekaligus target pasar menjadi poin penting dalam menentukan kesuksesan bisnis. Karena dalam tahapan tersebut perusahaan menentukan laku atau tidaknya produk yang diluncurkan. Kunci dalam penetapan segmentasi ialah menyesuaikan dengan proses pemasaraan untuk membedakan karakter pelanggan. Berikut adalah beberapa variabel utama yang biasa dilakukan.

Segmentasi Geografi

Segmen ini membagi pasar dengan melihat letak geografinya. Misalnya, negara. Kemudian bisa diperkecil dalam setiap provinsi, kabupaten, dan seterusnya. Pebisnis bisa menentukan dalam setiap kabupaten atau kota mau meletakan berapa unit market. Jadi, perusahaan mampu beroperasi dibeberapa daerah dan menghilangkan peluang dari daerah lainnya.

Segmentasi Demografi

Berbeda dari segmen sebelumnya, segmentasi demografi membagi pasar sesuai usai, pendapatan, jenis kelamin, ras, agama, generasi, pendidikan, dan lainnya. Yang membuat segmen tersebut begitu populer digunakan para pebisnis ialah kemudahan dalam mengukur setiap variabelnya, selain itu identifikasi jenis ini lebih mengarahkan perusahaan untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Segmentasi Psikografis

Berikutnya, segmentasi yang membangi pasar melalui kepribadian konsumen. Psikografis ialah ilmu yang menggabungkan psikologi dan demografi untuk mengetahui lebih dalam keinginan konsumennya. Melalui gaya hidup, nilai, dan kepribadian. Publik yang berada dalam segmen ini adalah mereka yang senang akan pencapaian (terdorong membeli barang untuk menunjukan keberhasilan pada teman-temannya), idealisme (termotivasi pengetahuan), sekaligus eksistensi diri.

Segmentasi Perilaku

Dalam segmentasi ini pasar dibagi sesuai pengetahuan, penggunaan, sikap, dan respon terhadap barang atau jasa. Dimana perusahaan akan mengetahui konsumen potensial dari respon yang mereka tunjukan saat melihat peluncuran produk baru. Sebenarnya, apapun segmentasi dan target yang ditentukan yang terpenting adalah menyesuaikan tahapan pada khalayak. Bagaimanapun mereka masuk sebagai sasaran utama dalam perputaran bisnis. Pebisnis hebat akan berusaha mengembangkan peluang sekecil apapun.

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp