Analisis Bisnis Dengan Jasa Pembuatan Feasibility Study, Auto Laris Manis

Jasa Pembuatan feasibility study

JIka Anda sedang berencana membangun sebuah bisnis, penting melakukan analisis bisnis dengan memanfaatkan jasa pembuatan feasibility study. Hal ini tentu berlaku untuk semua jenis usaha tak memandang skala kecil maupun besar.

Jika Anda memiliki modal awal yang besar, ada baiknya jika Anda  merekrut para pakar untuk melakukan analisis terhadap bisnis yang akan dibangun.

Namun, bagi para pengusaha pemula dan memiliki modal tidak terlalu banyak, jangan khawatir, Anda  dapat melakukannya sendiri dengan cara berikut ini:

Berikut adalah hal mendasar yang bisa Anda lakukan dalam menganalisa usaha Anda bersama jasa pembuatan feasibility study

  1. Tentukan Peluang Usaha dengan Analisis SWOT

    Cara pertama yang digunakan oleh jasa pembuatan feasibility study adalah menentukan peluang usaha yang memungkinkan dapat dilaksanakan dengan analisis SWOT. Ya, analisis SWOT yang merupakan analisis secara keseluruhan mulai dari kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan hambatan. Analisis ini dilakukan untuk melihat potensi yang dapat dikembangkan dalam sebuah usaha.

    Selain potensi, kelemahan dari sebuah usaha dapat diantisipasi dengan mencari jalan keluar terlebih dahulu. Kemudian untuk kesempatan dan hambatan ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh sebuah bisnis. Munculnya kesempatan dan hambatan ini biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukung suatu bisnis.

    Sebagai contoh usaha kedai kopi namun lokasi di rumah yang terletak di kawasan perkampungan. Untuk kesempatan yang ada dengan membuka layanan take away karena toko tersebut berada di depan jalan raya. Sedangkan untuk hambatan, karena akses yang cukup susah, pemilik kedai kopi bisa menggunakan layanan pesan antar untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Tentukan Target Pasar

    Dalam sebuah usaha, menentukan target pasar adalah hal yang wajib dilakukan. Walaupun target pasar untuk sebuah bisnis bisa semua kalangan, namun ada baiknya bila target pasar dikategorikan berdasarkan rentang umur, pekerjaan, dan minat. Hal ini diperlukan untuk membuat konten promosi dan pemasaran yang tepat sasaran.

    Sebagai contoh kedai kopi pada umumnya memang dapat dinikmati berbagai kalangan. Namun untuk menu-menu tertentu bisa ditargetkan pada kalangan tertentu.

    Misalnya, jenis latte lebih diminati oleh rentang usia anak-anak hingga dewasa, biasanya membeli take away atau melalui layanan pesan antar, mayoritas pembelinya merupakan mahasiswa dan pekerja kantoran milenial.

    Nah, setelah mengetahui segmen pasar, maka akan semakin mudah untuk merambah kalangan tersebut dengan media sosial. Terutama melalui konten-konten di platform Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.

  2. Hitung Anggaran Dana

    Dalam feasibility study aspek ini disebut aspek finansial/ekonomi. Dalam sebuah bisnis tentu harus merencanakan anggaran dana yang dibutuhkan mulai dari proses produksi hingga barang sampai ke tangan pelanggan. Hal yang harus diperhitungkan dalam sebuah usaha adalah biaya untuk bahan baku, tenaga karyawan, biaya pemasaran,biaya energi yang dibutuhkan seperti listrik, gas, kayu bakar, dsb.Setelah menghitung biaya untuk proses produksi, jasa pembuatan feasibility study menghitung laba yang ditargetkan. Mulai dari 30%, 50%, bahkan sampai 100% untuk laba yang ditargetkan berdasarkan HPP. Kemudian biaya pemasaran biasanya dihitung di pos khusus karena dengan perhitungan biaya pemasaran diperuntukan untuk menjaring pasar yang lebih luas.

    Tak lupa biaya yang dikeluarkan untuk biaya yang dikeluarkan dalam proses pendistribusian seperti pengiriman. Serta, biaya untuk maintenance database pelanggan yang pernah membeli produk atau jasa. Semua biaya tersebut harus dirinci secara detail agar tidak terjadi kerugian/boncos

  3. Analisis Perencanaan Pemasaran

    Langkah selanjutnya adalah merencanakan pemasaran. Lalu, laksanakan rencana pemasaran dan promosi tersebut agar tepat sasaran. Sehingga, biaya untuk pemasaran tidak dikeluarkan dengan sia-sia.

    Karena pemasaran tersebut sebenarnya dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan demi menaikkan nilai laba yang ditargetkan sebelumnya. Bila promosi dan pemasaran dilakukan tidak terarah dan tidak direncanakan dengan matang, maka akan menghasilkan hal yang sia-sia dan hanya menjadi pemborosan karan biaya yang dikeluarkan.

    Setiap aspek di atas perlu diselidiki secara detail sebelum mengambil keputusan apakah proyek atau ide bisnis tersebut layak untuk diimplementasikan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Jasa Pembuatan Feasibility Study merupakan langkah awal dalam menelurkan ide bisnis ke dalam pasar.

Pentingnya Analisis Bisnis Bersama Jasa Pembuatan Feasibility Study

Bekerjasama dengan Jasa Pembuatan Feasibility Study, perusahaan atau pribadi dapat memperkecil kemungkinan adanya biaya atau dana yang tidak terkontrol dalam implementasi ide atau proyek bisnis tersebut.

Untuk itu, kami merekomendasikan Jasa Pembuatan Feasibility Study dari itialuS Grapadi Group untuk membantu Anda mendapatkan analisis bisnis yang tepat sasaran. Karena kamu telah dipercaya oleh klien baik nasional maupun internasional dengan hasil yang memuaskan.

Informasi lebih detail, silahkan kunjungi www.grapadikonsultan.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !