Studi kelayakan bisnis merupakan kegiatan analisis yang dilakukan dengan tujuan untuk menentukan layak atau tidaknya bisnis tersebut dijalankan. Dalam melakukan sebuah analisis tentu ada beberapa aspek yang tidak pernah terlewatkan.
Selain dari tujuan tersebut, studi kelayakan juga sebagai proses perencanaan, pelaksanaan, hingga pengendalian. Bisnis harus dilakukan perencanaan agar semua kegiatan dapat terstruktur mulai pelaksanaan sampai akhir.
Pengendalian juga bermaksud untuk menemukan kemungkinan hambatan yang akan menimpa bisnis serta bagaimana cara menemukan solusinya.
Dari semua hal tersebut, terdapat hal penting yang sama sekali tidak dapat dilewatkan yaitu aspek studi kelayakan bisnis. Berikut pemaparannya!
Aspek Legalitas
Ketika menjalankan sebuah usaha, legalitas merupakan hal yang sangat penting. Kaitannya adalah dengan legal secara hukum dan secara layak. Apabila bisnis tidak mendapatkan kelegalan maga bearti bisnis tersebut tidaklah layak.
Maka dalam proses studi kelayakan sebelum bisnis didirikan, menganalisis dari segi legalitas janganlah sampai terlewatkan.
Aspek Pasar Pemasaran
Pasar dan pemasaran erat kaitannya dengan proses penjualan produk perusahaan. Dalam analisis pasar, akan ditentukan siapa saja target yang tepat untuk pasar atau penjualan produk tersebut.
Kemudia dalam analisis pemasaran, akan ditentukan bagaimana strategi yang tepat untuk membuat produk sampai kepada pasar. Strategi ini yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan saat menjalankan bisnisnya.
Baca Juga : Manfaat Memakai Jasa Pembuatan Bisnis Plan
Aspek Manajemen
Tentu manajemen organisasi haruslah terbentuk di perusahaan. Manajemen ini berfungsi untuk membuat kegiatan-kegiatan di perusahaan tetap berjalan sesuai porsinya. Mulai dari pengawasan, pengendalian, penemuan masalah, hingga solusi.
Aspek Ekonomi Budaya
Perusahaan harus memperhatikan penjualan produknya dengan melihat ekonomi pasar. Apabila saat menentukan pasar tanpa melihat ekonominya maka kemungkinan pasar tidak akan tertarik dengan produk perusahaanmu.
Selain itu, melihat dari segi budaya dapat menentukan keberhasilan penentuan target pasar. Karena masyarakat yang masih menjunjung tinggi budayanya akan benar-benar tertarik apabila ada produk yang mendukung atau justru membantu mengenai kebudayaannya.
Aspek Keuangan
Tentu tidak kalah pentingnya, keuangan harus benar-benar dipersiapkan saat akan memulai sebuah bisnis. Tujuan melakukan analisis dari segi keuangan adalah untuk memastikan bahwa modal yang akan digunakan cukup.
Selain itu, aspek ini juga akan menganalisis kemungkinan laba rugi selama bisnis berjalan. Apabila kemungkinan rugi lebih besar maka berarti bisnis belum dapat dikatakan layak.
Itulah aspek mengenai studi kelayakan bisnis. Pastikan saat akan memulai sebuah bisnis kamu menganalisis dari berbagai aspek untuk menentukan kelayakan bisnis tersebut. Apabila belum dapat dikatakan layak, maka carilah ide bisnis lainnya yang harus dianalisis ulang.