Apakah ide inovatif yang kamu miliki tidak memiliki resiko besar juga bagi bisnismu?. Dalam berbisnis tidak selalu berbicara mengenai keuntungan, tapi juga kerugian. Untuk itu, selalu uji ide dan inovasi bisnismu dengan studi kelayakan bisnis restoran.
Studi kelayakan bisnis restoran tidak hanya untuk melihat resiko untung rugi dalam mendirikan bisnis. Tapi juga untuk menilai kelayakan sebuah bisnis mendapatkan suntikan dana dari investor.
Studi Kelayakan Bisnis Restoran
Sebuah ide unik untuk bisnis restoran tentu adalah hal yang luar biasa. Dengan adanya ide unik maka peluang untuk berbisnis jadi semakin besar. Namun, yang selalu menjadi kendala ketika akan mulai berbisnis adalah ‘apakah kita cukup memiliki modal? atau ‘akankah bisnis ini berhasil berjalan kedepan?’
Pikiran Anda akan berputar-putar dengan angka, mulai dari biaya awal hingga pembelian peralatan. Belum lagi strategi bisnisnya, menggaji karyawan, menyewa lokasi sampai dengan promosi. Cukup menyulitkan apabila tidak dibarengi dengan studi kelayakan bisnis. Karena dengan melakukan studi kelayakan bisnis, maka akan lebih terstruktur dan memudahkan ketika ingin menganalisis bisnis.
Cara Melakukan Analisa Pasar untuk Usaha Restoran
Analisa pasar untuk usaha restoran yang harus pertama dilakukan adalah mengenali jenis dan tipe makanan yang cocok dengan kebiasaan masyarakat. Analisa yang dapat Anda lakukan sebagai berikut.
Menemukan lokasi paling strategis
Mencari lokasi seperti di dekat rumah padat penduduk dengan jumlah masyarakat yang banyak tentu akan mengundang mereka untuk datang ke restoran. Gunakan lokasi di dekat perkantoran, saat makan siang maupun pertemuan dengan klien para pekerja mengadakan rapat di restoran untuk mencari kenyamanan dan tempat yang sesuai.
Restoran alangkah baiknya juga dekat dengan jalan raya agar memudahkan akses keluar masuk menuju restoran.
Melakukan riset
Analisa pasar untuk usaha restoran mencakup aspek harga pada makanan yang akan menjadi menu makanan restoran Anda. Penentuan harga juga dipengaruhi oleh upah minimum kerja suatu wilayah, jika UMK rendah maka harga makanan jangan terlampau tinggal karena konsumen dapat ragu untuk berkunjung.
Menentukan jenis makanan
Setelah meneliti dan menganalisis harga makanan yang akan ada di menu restoran, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi makanan berdasarkan preferensi konsumen. Jenis makanan atau minuman dapat ditentukan berdasarkan kebutuhan pokok sehari-hari, masakan daerah, makanan yang sedan trend, dan makanan dari luar negeri.
Menyusun strategi pemasaran untuk usaha restoran
Analisa pasar untuk usaha restoran yang kreatif dan unik, akan semakin meningkatkan kunjungan konsumen setelah melakukan analisis pasar untuk perusahaan jasa makanan dan setelah itu melakukan pemasaran.. Melakukan acara spesial di restoran yang dapat mengundang minat konsumen.
Strategi melakukan akukan promo discount atau potongan harga di hari hari tertentu dan even tertentu juga berpeluang meningkatkan kunjungan konsumen.
Bisnis restoran tidak lekang oleh waktu
Bisnis restoran adalah salah satu bisnis yang akan sangat memiliki keuntungan besar apabila mampu dengan baik menjalankannya. Begitu juga sebaliknya, mungkin akan mendatangkan kerugian besar apabila tidak dianalisis dan direncanakan dengan matang.
Anda dapat menggunakan proses studi kelayakan untuk mengumpulkan data penting untuk memulai bisnis Anda. Kemudian ubah menjadi dokumen yang baik dan terstruktur, untuk kemudian diserahkan kepada para investor, mitra, dan bahkan anggota keluarga untuk memberikan dukungan emosional, fisik, atau finansial.