Di masa pandemi ini, masyarakat mulai terbiasa untuk beralih kepada layanan yang berbasis online. Mulai dari meeting online, belanja online, belajar online, transaksi online dan lain sebagainya. Akhirnya banyak industri-industri yang mulanya berjualan atau memasarkan produknya secara offline, sekarang merambah kepada pasar online. Langkah ini sering dinamakan dengan Transformasi Digital Bisnis.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut ikut serta dalam membantu memulihkan perekonomian nasional. Namun, perlu disadari bahwa dengan segala perubahan saat ini, membuat UMKM juga perlu go digital agar dapat bersaing di era serba online ini. berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis UMKM harus melakukan transformasi digital bisnis.
Alasan UMKM Harus Mulai Transformasi Digital Bisnis
Modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil
Keunggulan dari mendigitalisasi usaha adalah Anda tidak harus memiliki tempat usaha karena semua bisa dijalankan hanya bermodalkan internet dan smartphone. Anda juga tidak perlu memiliki banyak pegawai yang menjaga toko atau yang bertugas menerima orderan. Karena Anda bisa memantau dan mengatur semuanya cukup dari satu smartphone. Ketika bisnis berhasil go digital, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur layanan yang ditawarkan oleh provider layanan bisnis online, seperti fitur pencatatan transaksi jual beli, stock opname, billing otomatis, pengiriman, pembayaran digital, sampai akses permodalan. Semua bisa dijalankan hanya dengan satu aplikasi yang tentu menghemat pengeluaran operasional.
Jangkauan pemasaran yang luas
Bisnis yang dijalankan secara online tentu juga memanfaatkan media pemasaran online yang jangkauannya lebih luas. Sebut saja ketika Anda memasarkan usaha Anda menggunakan media sosial, seluruh Indonesia tentu bisa mengaksesnya. Anda tinggal fokus menciptakan konten kreatif yang dapat menjangkau audiens lebih banyak. Pemasaran online tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Terlebih Anda bisa mengatur sendiri besar biaya pemasaran sesuai kebutuhan dan kemampuan. Misal, Anda memiliki bisnis kuliner di wilayah Jakarta Barat. Anda bisa mengatur target audiens yang lokasi tinggalnya di sekitaran usaha Anda agar lebih fokus dan tidak menghabiskan biaya terlalu besar.
Memperoleh review/feedback dengan lebih mudah
Alasan lain kenapa bisnis harus go digital adalah kemudahan Anda untuk mendapatkan review dan feedback. Hal ini sangat dibutuhkan oleh usaha Anda agar bisa berkembang. Anda bisa memperoleh masukan yang bermanfaat untuk mengevaluasi produk/jasa yang Anda tawarkan. Ketika Anda memperoleh review positif, tentu itu dapat berperan sebagai media promosi untuk menarik lebih banyak lagi audiens agar mencoba produk/jasa yang Anda jual. Selain itu, review positif juga menjadi cara efektif untuk membangun kepercayaan konsumen dan menampilkan kredibilitas dari bisnis Anda. Balik lagi ini akan menguntungkan penjualan.
Meminimalisir risiko ditinggalkan pelanggan
Tren yang berubah membuat konsumen memiliki pola konsumtif yang berbeda pula. Ketika 25,5 juta penduduk Indonesia sudah menjadi pengguna internet aktif, tentu usaha Anda juga harus beradaptasi dengan kondisi tersebut agar tidak ditinggalkan pelanggan. Tren digital yang mengharapkan segalanya serba cepat dan mudah, menjadi alasan tersendiri bagi bisnis Anda untuk beralih ke digital. Berdasarkan hasil survei Bank Indonesia, nilai transaksi ekonomi digital melalui e-commerce akan mencapai Rp253 triliun pada 2024 dan diproyeksikan ekonomi digital Indonesia pada 2025 akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan nilai transaksi mencapai Rp1.826 triliun. Itu mengapa, penting bagi Anda untuk menyasar target pasar digital agar dapat meminimalisir kerugian di masa mendatang.
Meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas
Ketika Anda memutuskan untuk go digital, usaha Anda akan memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Bisnis Anda akan memperoleh nilai lebih dari calon pelanggan bila sudah memiliki media sosial atau bahkan website sendiri. Ditambah lagi ketika bisnis Anda masuk ke sebuah platform jualan online, akan memberi kredibilitas yang instan. Ini karena presensi online tersebut dapat mencerminkan keseriusan Anda terhadap bisnis yang dijalankan dan merepresentasikan image profesionalitas kepada para konsumen. Balik lagi, kredibilitas yang baik juga akan tercipta ketika usaha Anda berhasil memperoleh review online yang positif dari para pelanggan yang pernah mencobanya.
Nah, gimana? Setelah menyimak beberapa alasan diatas apakah masih ragu untuk mulai transformasi digital bisnis?
Perlu diingat bahwa meski bisnis Anda tidak sepenuhnya melakukan pelayanan secara online, konsumen berharap bisa melihat bisnis Anda secara online. Ketika appearance bisnis Anda secara online bisa memenuhi ekspektasi mereka, peluang profit pun jadi lebih besar.
Jadi, Apalagi yang Anda tunggu? Hubungi Grapadi Konsultan untuk mendapat banyak insight terkait bisnis digital. (mt)