Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi (Pidi Baiq)
Kalimat tersebut menjadi hits di kota Bandung dari berbagai kalangan, terutama para remaja dan penyuka literasi. Kalimat penuh kesan romantis tersebut yang terpampang di salah satu dinding di sudut kota Bandung menjadi daya tarik tersendiri baik bagi masyarakat setempat, maupun bagi wisatawan lokal dari berbagai wilayah di Indonesia.
Hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat unik dan menguntungkan, terutama bagi Anda yang akan membuka bisnis di sekitar wilayah tersebut. Selain daya tariknya, lokasi tersebut pun terletak cukup strategis di alun-alun kota Bandung, dimana aksesnya pun cukup mudah untuk ditempuh.
Jasa Bisnis Plan Bandung akan berguna bagi Anda yang berniat membuka usaha di daerah tersebut, ataupun yang berkeinginan untuk mengembangkannya. Di bawah ini akan dipaparkan point-point analisis yang ada dalam jasa pembuatan bisnis plan tersebut.
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
Analisis ini menjadi prioritas untuk disiapkan perencanaannya, mulai dari segmentasi pasar, target pasar, hingga posisi pasar yang akan diambil. Hal ini biasa dikenal dengan Strategi STP pada bisnis yang sering digunakan sebagai strategi bersaing yang tepat.
ANALISIS PETA PERSAINGAN
Analisis peta persaingan berguna untuk menilai para kompetitor, baik dari segi produk yang sejenis maupun kompetitor dari barang lainnya yang digunakan sebagai subtitusi atau sebagai pengganti produk. Selain itu, akan dilakukan pula analisa terhadap produk mana dari bisnis yang ada yang bisa direkomendasikan sebagai produk utama dan memiliki daya jual paling tinggi agar bisa menghasilkan lebih banyak profit.
ANALISIS PROSPEK BISNIS
Prospek bisnis perusahaan akan dianalisis hingga tiga sampai lima tahun ke depan agar mengetahui langkah yang tepat dan konkret untuk menjalankan bisnis tersebut. Selain itu juga, menganalisa konsep sekaligus mengembangkan program-program yang ada, serta merekomendasi sumber daya manusia yang tepat dan sesuai penempatan.
ANALISIS ASPEK KEUANGAN
Keuangan tentu menjadi awal dari mata rantai kesemua konsep yang ada, meskipun analisis pasar dan pemasaran menjadi langkah awal tetap saja analisis keuangan menjadi eksekusi terakhir untuk menyatakan layak atau tidak layak suatu bisnis yang akan dijalankan. Mempersiapkan modal, menghitung tingkat break event point, mempertimbangkan demand dan supplay, serta laporan keuangan lainnya.
Selain analisis di atas, bisnis plan juga bisa dilengkapi dengan pemaparan informasi yang menyangkut fasilitas apa saja yang harus dimiliki perusahaan agar mampu menjalankan bisnis tersebut dengan baik dan memberikan indikator-indikator perusahaan sebagai acuan untuk mengukur tingkat keberhasilan bisnis yang akan dijalankan.