Riset memang identik dengan dunia akademik atau kampus. Tapi, bukan berarti hanya para akademisi saja yang berkepentingan untuk melakukan riset. Siapapun yang merasa membutuhkan pengetahuan ilmiah bisa melakukan riset. Salah satunya melakukan riset bisnis.
Riset dalam dunia bisnis perannya sangat penting dalam semua sektor dan bagian bisnis. Ringkasnya, semua bisnis jelas butuh riset, termasuk usaha rintisan atau startup yang sekarang sedang marak bermunculan. Riset dalam bisnis termasuk menjadi salah satu faktor utama yang menentukan keberlangsungan bisnis itu sendiri.
Semua jenis perencanaan dalam bisnis membutuhkan riset. Mulai dari perencanaan jangka pendek dari sebuah perusahaan yang meliputi perencanaan produksi yang akan menentukan berapa jumlah produk yang akan dibuat, kapasitas produksi, jumlah karyawan, shift kerja, dan waktu lembur. Sampai perencanaan jangka panjang untuk melakukan inovasi pada sebuah produk dan kapan harus merilis produk baru.
Keuntungan Riset Bisnis
Di luar aspek perencanan internal perusahaan, selera konsumen yang cepat berubah, konsumen yang semakin sulit untuk dipuaskan, banyaknya alternatif pilihan produk yang dijual di pasaran, teknologi yang dinamis dan cepat berkembang, menjadi peluang sekaligus ancaman bagi keberlanjutan bisnis perusahaan di kemudian hari. Situasi ini menuntut agar perusahaan selalu dapat menyesuaikan program pemasarannya dengan trend terkini. Artinya perusahaan harus selalu memiliki informasi terkini yang akurat. Mau tidak mau dunia bisnis makin masuk ke dalam information-based economy. Semua fungsi manajemen pemasaran sangat tergantung pada ketersediaan informasi baik dari sumber internal maupun eksternal.
Jenis riset yang paling dibutuhkan dalam situasi bisnis di atas adalah riset pasar. Riset tersebut dilakukan untuk meneliti keinginan dan kebutuhan masyarakat, meramalkan jumlah produk yang dibutuhkan masyarakat, mencari tahu diantara produk-produk sejenis yang mana yang lebih disukai masyarakat. Biasanya, riset tersebut dilakukan dengan mengambil beberapa sampel di masyarakat sesuai maksud dan tujuan penelitian. Alat riset yang digunakan umumnya berbentuk kuesioner yang berisi seputar pertanyaan yang sesuai dengan tujuan riset.
Keuntungan lain dari adanya riset pasar dalam bisnis adalah kemampuan untuk menghubungkan variabel lingkungan yang tidak terkontrol dan variabel yang terkontrol dan riset pemasaran mampu mengurangi faktor ketidakpastian dengan cara memberikan informasi yang relevan mengenai variabel pemasaran seperti pelanggan dan lingkungan. Ketiadaan informasi yang relevan akibat tidak adanya riset dapat membuat respons pelanggan terhadap program pemasaran tidak dapat diprediksi secara akurat.
Jasa Bisnis Plan Grapadi
Jasa pembuatan bisnis plan ItialuS Grapadi Internasional sudah dipercaya oleh banyak perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri. Penulis kami telah memiliki banyak pengalaman dalam pembuatan bisnis plan. Sehingga ketika Anda mempercayakan kami sebagai partner, sudah tentu kami akan memberikan pelayanan maksimal dan rencana paling akurat.
Lebih lengkapnya mengenai jasa pembuatan bisnis plan Grapadi, Anda bisa mengunjungi lama kami di www.grapadikonsultan.co.id