Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Konsultan diartikan dengan ahli memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiata (penelitian, dagang, dan sebagainya). Sedangkan Manajemen diartikan sebagai pengunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran maupun hal yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.
Dengan kata lain, definisi Konsultan Manajemen merupakan individu/tim ahli/profesional yang bertugas untuk memberikan petunjuk, pertimbangan, atau nasihat terhadap penggunaan / pelaksanaan sumber daya secara efektif untuk meningkatkan kemampuan pencapaian target. Dan tentunya semua hal tersebut harus berdasarkan data hasil riset yang aktual dan juga faktual.
PERAN KONSULTAN MANAJEMEN
Dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, konsultan manajemen memiliki peran yang sangat penting kepada klien yang akan bahkan sedang menjalankan proyek maupun bisnis. Beberapa peran konsultan manajemen diantaranya adalah sebagai berikut:
- Mengobservasi dan menganalisa proyek/bisnis klien secara menyeluruh berdasarkan teori, kondisi lapangan, dan praktiknya.
- Membantu klien dalam membentuk perencanaan bisnis seperti penentuan target, penyusunan alur pembangunan, peracangan alur kerja, maupun strategi pemasaran & pengembangan.
- Menyusun alur/tahap pelaksanan proyek/bisnis secara terstruktur guna meminimalisir hal penting yang terlewat yang dapat menimbulkan resiko kerugian/kegagalan di kemudian hari.
- Mendukung klien dalam implementasi bisnis saat menerapkan apa yang telah ditentukan dan disepakati dalam perencanaan bisnis dengan memberikan masukan/solusi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi jalannya bisnis.
- Membantu klien untuk menentukan langkah tambahan guna memaksimalkan seluruh aspek bisnis sehingga dapat meraih peluang lebih besar untuk mencapai kesuksesan bisnis/proyek.
- Memberikan evaluasi terhadap seluruh proses yang telah dijalankan sebagai masukan/saran kepada klien untuk modal pengembangan ke depannya.
- Membantu klien dalam memutuskan/mengembangkan kebijakan untuk menjalankan/menghadapi seluruh hal yang berkaitan dengan regulasi bisnis/proyek.
APLIKASI / PENERAPAN KONSULTAN MANAJEMEN DALAM BISNIS/PROYEK
Berikut ini merupakan pengaplikasian Konsultan Manajemen:
- Setelah klien memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan, data mengenai sumber daya klien seperti target/tujuan dan sumber daya yang sudah tersedia akan dikaji oleh konsultan.
- Konsultan akan mengobservasi dan mengkaji kondisi lapangan, tren yang sedang berlaku, dan teori pendukung. Dan kemudian diolah dan dianalisa secara menyeluruh.
- Hasilnya akan disajikan kepada klien berupa data lapangan mengenai lokasi, aspek-aspek bisnis, tingkat ketepatan, tingkat keuntungan, dan juga tingkat keberhasilan dari bisnis/proyek yang ingin dijalankan oleh klien.
- Berdasarkan data dari hasil riset, konsultan akan menyusun perencanaan yang sesuai dengan bisnis/proyek yang akan di jalankan disertai strategi-strategi pengembangan dan juga peningkatan pencapaian.
- Konsultan juga akan memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan klien dalam menentukan setiap keputusan yang akan diambil. Mulai dari sikap, resiko, dan kemungkinan yang terkandung di setiap opsi keputusan. Sehingga dalam hal ini klien dapat menentukan keputusan dengan bijak.
- Secara keseluruhan, Konsultan Manajemen membantu klien untuk memberi dukungan sesuai keperluan dan memastikan keberhasilan dari proyek/bisnis yang dijalankan dengan data hasil riset yang valid.