Analisis Pasar Dan Pemasaran

Pada dasarnya tujuan dalam memasarkan produk, yaitu bila perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran. Namun, bagi bisnis baru tentu menemukan konsumen tidak semudah itu. Diperlukan adanya analisis pasar dan pemasaran untuk memetakan konsumen.

Agar konsumen melakukan pembelian, maka perusahaan harus bisa menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah analisis pasar.

Analisis pasar bertujuan agar target suatu perusahaan bisa berjalan dengan mulus dan berjalan sesuai yang direncanakan. dengan memperdalam mengenai status pasar dan juga perlu untuk menganalisa nya. 

Pada dasarnya konsep pemasaran untuk mengungkap suatu kebenaran dari suatu permasalahan. Hasil dari analisis tersebut nantinya yang akan bermanfaat untuk mengetahui potensi bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis dapat bertahan. 

Berikut ini komponen yang harus ada ketika melakukan analisis pasar dan pemasaran. Bagi pebisnis baru, Anda wajib membaca dan menyimak sampai artikel ini selesai.

Komponen Analisis Pasar dan Pemasaran

  1. Ukuran pasar

    Ukuran pasar merupakan faktor kunci dalam analisis pemasaran. Semakin besar pasar, semakin banyak pesaing yang mungkin Anda miliki. Untuk pasar yang besar, Anda perlu memastikan produk dan layanan Anda menonjol. Jika tidak, pelanggan dapat dengan mudah beralih ke produk saingan. Tidak hanya itu, pasar yang lebih besar membuat Anda memikirkan kembali kebijakan penetapan harga Anda.

    Jika Anda menetapkan harga Anda terlalu tinggi maka Anda akan kehilangan basis pelanggan Anda ke pesaing lain. Disisi lain, menetapkan harga terlalu rendah membuat orang akan berpikir bahwa Anda hanya menyediakan barang berkualitas buruk yang lebih murah.

    Jika ukuran pasar kecil maka Anda bisa lolos dengan membebankan harga tinggi. Semua fakta ini disimpan dalam analisis pemasaran. Berdasarkan itu Anda melanjutkan rencana pemasaran Anda.

  1. Tingkat pertumbuhan pasar

    Tingkat pertumbuhan pasar merupakan faktor besar dalam segala jenis analisis pemasaran. Ini karena Anda mendapatkan gambaran tentang berapa lama pasar tersebut akan bertahan.

    Sebelum Anda melakukan investasi, Anda perlu menganalisis tingkat pertumbuhan pasar. Jika kemungkinan tumbuh dari waktu ke waktu maka Anda dapat berinvestasi lebih banyak di dalamnya.

    Jika tidak memiliki pertumbuhan maka Anda kemungkinan akan berkecil hati untuk menginvestasikan apa pun. Berapa banyak waktu dan kepentingan yang Anda berikan ke pasar tergantung pada tingkat pertumbuhannya.

  2. Trend pasar untuk memetakan analisis pasar dan pemasaran

    Tren pasar adalah bagian penting dari analisis pemasaran. Memiliki pengetahuan tentang tren membantu Anda memutuskan jenis produk yang akan Anda jual. Ketika Anda memulai bisnis Anda perlu tahu apa tren saat ini. Apa hal yang disukai pelanggan?

    Berapa banyak yang bersedia mereka belanjakan? Tren lain apa yang mungkin menarik perhatian mereka? Ini adalah hal-hal yang akan Anda analisis. Di sisi lain, tren pasar dapat berubah setiap hari. Ini bisa menjadi peluang bisnis Anda. Jika itu masalahnya maka Anda dapat memanfaatkannya dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

    Perubahan tren juga bisa menjadi ancaman bagi Anda. Jika Anda merasa nyaman memproduksi satu jenis barang, maka perubahan tren pasar akan paling mempengaruhi Anda.

  1. Profitabilitas pasar

    Motif sebagian besar perusahaan untuk masuk ke bisnis ini adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, mereka adalah bisnis yang bermotif keuntungan. Jadi sebelum masuk ke bisnis, Anda perlu menganalisis profitabilitas pasar. Jika pasar memiliki profitabilitas yang baik maka hanya Anda yang akan berinvestasi besar-besaran.

    Jika tidak, itu akan membuang-buang waktu dan modal Anda. Untuk menghitung profitabilitas pasar, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Hal-hal tersebut antara lain; kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, hambatan masuk dan sebagainya.

  1. Saluran distribusi

    Saluran distribusi sangat penting bagi sebuah bisnis. Tanpa itu, Anda tidak akan bisa membawa produk Anda ke pelanggan Anda. Sehingga menjadi faktor besar dalam analisis pemasaran. Ini karena Anda perlu menilai seberapa baik saluran tersebut. Jika yang sudah ada sudah cukup baik atau Anda perlu mengembangkan yang lebih baru. Terkadang Anda menemukan saluran baru seperti pemasaran online.

Hingga saat ini, bisnis telah menjamur di masyarakat sehingga dibutuhkan banyak strategi bisnis khusus untuk dapat bersaing dan dapat meningkatkan penjualan. Tidak mungkin Anda membangun bisnis kemudian akan langsung memperoleh penghasilan besar secara instan. Dengan menerapkan cara-cara diatas, semoga bisa membantu analisis pasar dan pemasaran Anda lebih maksimal. 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !