Digital marketing memang bukan sekedar tren. Teknologi digital yang kian berkembang secara langsung juga akan meningkatkan dunia pemasaran. Tidak heran bila semakin banyak strategi yang digunakan konsultan digital marketing untuk meraih kesuksesan.
Jasa konsultan digital marketing memang memiliki strategi pemasaran unggulan. Terutama saat ini, ketika pemasaran melalui media digital seakan tidak memiliki batas. Segala bentuk dan fungsi digital bisa menjadi sarana pemasaran. Pastinya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan rasa ketertarikan konsumen kepada produk maupun jasa yang dipasarkan.
Dari sekian banyak strategi digital marketing yang kerap kali digunakan, berikut merupakan beberapa diantaranya.
Search Engine Optimization
SEO atau Search Engine Optimization masih menjadi salah satu strategi digital marketing terbaik. Terutama dengan kemudahan pencarian saat ini. Seperti namanya, strategi ini memang cara untuk mengoptimasi sebuah konten untuk berada di peringkat atas mesin pencari.
Penggunaan SEO saat ini tidak hanya terpaku pada blog maupun website. Beberapa media sosial juga sudah mulai menggunakan SEO demi kemudahan pencarian konten.
Content marketing
Strategi berikutnya merupakan content marketing. Cara ini digunakan konsultan digital marketing dengan berbagai bentuk konten berbeda. Meski tujuannya tetap sama: untuk memasarkan sebuah produk, jasa, atau perusahaan.
Perkembangan dunia digital saat ini juga menjadikan konten marketing semakin bervariasi. Bila beberapa tahun lalu konten marketing “hanya” sebatas artikel blog, website, atau e-book. Maka saat ini konten bisa berupa video pendek, infografis, review, sampai kampanye di media sosial.
Seperti yang diungkap di atas, digital marketing merupakan dunia yang akan terus terbuka lebih luas. Sesuai dengan perkembangan teknologi digital itu sendiri.
Native Advertising
Native Advertising merupakan bentuk strategi digital marketing yang saat ini digemari. Tidak lain karena sasarannya yang tepat pada target pasar. Serta penyampaian yang dapat meluas. Bentuk dari Native Advertising ini sendiri bervariasi. Mulai dari paid promote, promoted post di media sosial, sampai banner maupun iklan di laman website.
Baca Juga 3 Strategi Pemasaran Yang Efektif Saat Pandemi Covid-19
Selain bentuknya, metode penyampaian Native Advertising juga semakin berkembang. Beberapa Native Advertising disampaikan selayaknya sebuah review. Selain itu juga bisa disisipkan langsung dalam teks artikel di blog.
Variasi dari bentuk dan metode Native Advertising ini menjadikannya sedikit sulit dibedakan dengan content marketing. Banyak pula yang berpendapat kedua strategi ini masih berkaitan satu sama lain.
Otomalisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan strategi pemasaran yang berulang-ulang. Bentuk dari Otomatisasi Pemasaran ini sendiri lebih kepada kampanye untuk sebuah produk, pemutaran video iklan di layanan streaming, sampai dengan email yang dikirimkan langsung ke pengguna.
Selain strategi marketing lain, Otomatisasi Pemasaran juga menjadi salah satu yang terbukti efektif. Pasalnya strategi ini akan langsung dengan mudah diingat oleh target pasar karena sifatnya yang berulang-ulang.
Sosial Media Marketing
Sosial Media Marketing juga menjadi strategi yang giat dilakukan pada konsultan digital marketing. Seperti juga beberapa metode lain, saat ini Sosial Media Marketing dianggap paling efektif.
Bukan hanya karena tingginya pengguna berbagai sosial media. Seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lain. Melainkan juga adanya rasa personal dan keterkaitan antara target pasar dengan bentuk marketing ini.
Tidak heran bila banyak orang membeli produk yang dipasarkan melalui sosial media, bukan?
Konsultan digital marketing akan membantu Anda menyusun strategi paling tepat untuk pemasaran produk maupun jasa. Selain strategi di atas, beberapa cara lain yang digunakan seperti Pay-Per-Klik maupun Affiliate Marketing.