Menyusun strategi bisnis merupakan poin penting untuk menuju keberhasilan dan kesuksesan. Semua berbisnis pasti memiliki strategi masing-masing dalam memajukan bisnisnya. Salah satunya yakni Kopi Kenangan. Bisnis kopi kenangan menjadi sebuah perusahaan Startup New Retail F&B Unicorn pertama di indonesia yang berhasil mendapat pendanaan senilai 1,3 triliun rupiah. Menurut informasi yang beredar bisnis ini sudah mencapai nilai valuasi sebesar $1 miliar.

Perjalanan Kopi Kenangan menjadi perusahaan besar yang memiliki gelar unicorn tentu tidak gampang. Mereka memiliki beberapa strategi jitu dan konsistensi yang kuat dalam membangun brand. Bisnis Kopi Kenangan tersebut bisa melejit seperti sekarang ini lantaran memiliki strategi yang matang. Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa strategi yang diterapkan oleh manajemen Kopi Kenangan dalam mengembangkan bisnis tersebut sampai saat ini.

Menggunakan Nama yang Simpel dan Kekinian

Di balik nama Kopi Kenangan ini ternyata mengandung strategi bisnis yang tidak banyak diketahui orang. Edward Tirtanata selaku pemilik Kopi Kenangan menuturkan bahwa pemilihan nama bisnis ini bertujuan agar mudah diingat oleh masyarakat. Tak hanya unik, penggunaan nama tersebut tentu memberikan kesan yang familiar. Dapat disimpulkan bahwa pemilihan nama produk sangat berpengaruh terhadap perkembangan sebuah bisnis.

Menggunakan Teknologi Canggih

Dalam mengembangkan jaringan bisnisnya Kopi Kenangan tidak ragu memanfaatkan alat-alat teknologi masa kini. Salah satunya yakni dengan mendaftarkan diri pada beberapa aplikasi online delivery. Dengan cara ini tentu masyarakat bisa mendapatkan produk dengan mudah. Tak cukup sampai di sini Kopi Kenangan juga merancang aplikasi sendiri. Melalui aplikasi tersebut pelanggan dapat menemukan tawaran produk yang mereka jual layaknya aplikasi pada umumnya.

Konsisten Dalam Menjaga Kualitas Produk

Jika berbicara terkait kualitas produk, Kopi Kenangan tidak hanya menghadirkan mesin modern untuk membuat kopi. Namun mereka juga memberikan pelatihan khusus bagi setiap barista baru. Hal ini bertujuan agar cita rasa dari kopi kenangan tidak pernah berubah meskipun diracik oleh sejumlah barista baru. Kegiatan training ini sudah hadir sejak tahun 2020, tak hanya proses meracik mereka juga diberikan pelatihan terkait pembayaran, operasional gerai, dan  pelayanan.

Melakukan Berbagai Inovasi Baru

Agar tidak kalah saing dengan beberapa kompetitor lain, tentu pemilik bisnis Kopi Kenangan sudah melakukan berbagai inovasi baru. Inovasi tersebut berupa hadirnya tawaran baru atau merchandise yang mendukung kegiatan minum kopi seperti tumblr. Inovasi lainnya yakni berupa variasi produk, saat ini mereka sudah menyediakan menu cerita roti sebagai camilan pendamping kopi. Tahun 2021, Kopi Kenangan juga meluncurkan produk makanan baru dengan nama chigo.

Memberikan Penawaran Harga yang Sesuai

Harga makanan yang relatif murah merupakan salah satu ciri khas dari Kopi Kenangan. Pemilik bisnis tersebut menyesuaikan harga produk sesuai dengan standar yang berlaku bagi masyarakat luas dan bukan untuk golongan tertentu. Dengan begitu semua masyarakat dapat menikmati produk tersebut tanpa terkecuali. Penawaran harga tersebut juga berlaku pada cabang bisnis lain milik kenangan grup. Seperti cerita roti, chigo dan bisnis baru lainnya.

Nah itulah beberapa strategi bisnis yang diterapkan oleh tim manajemen Kopi Kenangan. Merancang sebuah strategi dalam usaha tentu dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang tengah dijalankan. Tanpa adanya strategi yang matang tentu bisnis rentan mengalami kerugian. Strategi yang ditetapkan oleh pemilik bisnis Kopi Kenangan tersebut dapat menjadi inspirasi bagi para pebisnis lain yang ingin mengembangkan usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !