Masih menjadi tren, adanya karyawan dengan ikatan kerja lewat Outsourcing dengan kata lain alih daya. Tidak hanya perusahaan milik negara tapi juga swasta pernah mengaplikasikannya. Jasa dan layanan Outsurcing dianggap efektif dalam perekrutan karyawan.

Adanya krisis ekonomi global memicu perusahaan yang minim pendapatan, sehingga kebutuhan pokok naik dan muncullah PHK, sehingga Outsourcing dianggap tepat dalam meminimalisirnya. Penggunaan Outsourcing di negara-negara maju sudah menjadi hal yang biasa.

Dengan berbagai jenis perusahaan dan besarnya juga tidak mungkin suatu perusahaan harus menyiapkan semuanya termasuk tenaga kerja secara keseluruhan. Karena perusahaan tidak mempunyai passion di semua bidang ahli karyawan yang akan direkrut.

Pertimbangan Perusahaan Memakai Jasa dan Layanan Outsourcing

Beberapa pertimbangan yang membuat perusahaan membutuhkan yang namanya jasa Outsourcing, diantaranya:

  1. Perusahaan tidak memiliki fasilitas yang lengkap dalam proses bisnis SDM, mulai dari mesin, tempat, dan lain-lain.
  2. Untuk menghindari investasi yang kurang menguntungkan dilihat dari segi ekonomi.
  3. Fasilitas luar perusahaan lebih murah dibandingkan dengan fasilitas yang ada di perusahaan (internal).
  4. meminimalisir risiko sosial dan biaya akibat kesalahan dalam pekerjaan.
  5. Kualitas servis untuk kepuasan pelanggan, kemudian untuk peningkatan volume produk.
  6. Permintaan jumlah pasar yang kurang stabil, dan perusahaan bisa fokus ke Core Competence dan Core Businnes.
  7. Bisa mengakomodasi fungsi-fungsi yang unik secara umum dan transfer pengetahuan kepada karyawan internal.

Tips Memilih Layanan Jasa Outsourcing

Berikut ini adalah tips dalam memilih layanan jasa Outsourcing yang benar dalam hal SDM, diantaranya:

  1. Pilih penyedia layanan yang fleksibel, hal tersebut memudahkan perusahaan dalam menyesuaikan kebutuhannya dalam memilih kualitas karyawannya.
  2. Pilihlah layanan jasa yang sudah memiliki model tingkat tinggi dengan memiliki tim berkualitas dan mampu memberikan manfaat setelah perekrutan.
  3. Pastikan jasa layanan memiliki pengalaman, rekomendasi yang baik, sehingga dijadikan referensi dalam keuangan perusahaan berbasis akuntansi terkemuka dan hubungannya bisa jangka panjang.
  4. Layanan Outsourcing dianggap ideal jika memiliki rekam jejak yang baik, jadi masalah pembayaran gaji bukanlah hal yang utama lagi dalam penentuan tersebut.
  5. Cari yang memiliki basis klien tetap, cukup besar, dan beragam. Hal tersebut bisa membuktikan bahwa bisa memenuhi target dari kegiatan bisnia kita.
  6. Cari layanan yang dalam perekrutannya melalui berbagai tahap dan ketat, dengan begitu akan memunculkan sumber daya manusi sesuai apa yang diinginkan di perusahaan.

Keuntungan Memakai Jasa Outsourcing

Berikut keuntungan yang didapat dari memakai jasa layanan Outsourcing, diantaranya:

1. Menghemat Anggaran dalam Memberikan Pelatihan

Karyawan Outsourcing memiliki keahlian spesifik yang dibutuhkan oleh perusahaan misal mempunyai keahlian dalam membersihkan maupun mengelola inventaris. Otomatis dari situ bisa menghemat anggaran.

2. Mengurangi Beban dalam Perekrutan

Semua urusan seleksi dilakukan oleh petugas atau karyawan Outsourcing jadi perusahaan hanya mendapatkan hasilnya nanti berupa karyawan yang sudah siap kerja dengan memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

3. Fokus Pada Pengurusan Kegiatan Inti Bisnis

Perusahaan tidak perlu khawatir dengan pekerjaan teknis sehari-hari yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan inti bisnis. Hal tersebut membuat perusahaan tidak mencari tenaga kerja khusus untuk melakukannya.

Kekurangan dari Outsourcing

Berikut kekurangan dari Outsourcing sebagai pertimbangan:

1. Informasi Perusahaan Bisa Bocor

Tidak disarankan bagi perusahaan untuk mempekerjakan tenaga Outsourcing pada kegiatan inti bisnis. Hal tersebut bisa meminimalisir peluang bocornya informasi rahasia dari perusahaan dan jangan sampai dijual ke pihak yang tidak berwenang bisa juga para kompetitor.

2. Kontrak bersifat Singkat

Kontraknya relatif singkat dan cukup menyusahkan para perusahaan karena dengan begitu akan sering memperbarui kontrak dengan Outsourcing lain yang menyediakan tenaga kerja. Perusahaan bisa mengalami ketergantungan juga terhadap karyawan Outsourcing.

Itulah penjelasan tentang jasa dan layanan Outsourcing SDM, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !