Persaingan dalam dunia bisnis di masa pandemi ini, semakin kompetitif. Banyak usaha yang harus gulung tikar dengan keadaan, jadi mau tidak mau harus pasrah. Pendemi juga memberikan peluang dalam berbisnis baru.
Terutama bagi yang sedang memanfaatkan platform digital sehingga salah satunya perlu melakukan riset pasar yang ada, dan peluang pasar bukanlah kunci utama dalam melakukan riset, tetapi keseluruhan aspek dalam riset pasar.
Daftar Isi Artikel
Manfaat Melakukan Riset Pasar
Berikut manfaat melakukan riset pasar yang bisa dirasa, diantaranya:
1. Membantu Brand dalam Mendapatkan Informasi
Riset pasar membantu dalam mendapatkan informasi akan besarnya pasar potensial suatu produk atau jasa yang ada. Hal itu disesuaikan dengan target, jadi lebih ke penentuan target penjualan maupun pencapaian market share di pasar.
2. Mengetahui Review dari Suatu Produk maupun Jasa
Dengan riset pasar, kita akan mengetahui tanggapan akan suatu produk maupun jasa di pasar. Hal tersebut berguna untuk sebuah produk dan jasa yang akan diluncurkan. Sehingga muncullah strategi pemasaran baru dalam meningkatkan penjualan yang ada.
3. Memahami Perilaku Pelanggan sesuai Target Pasar
Dengan riset yang baik, memudahkan perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Selain itu bisa melakukan analisis kampanye iklan maupun promosi yang akan dilakukan.
4. Menghasilkan semua Data dan Informasi yang Diinginkan
Hal tersebut guna untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang sedang berjalan dan pastinya bisa memajukan suatu perusahaan dalam berbisnis. Adanya riset pasar juga bisa membantu bisnis dalam memperkuat posisi.
Pentingnya Riset Pasar Bagi Perusahaan
Riset pasar penting karena untuk menjalankan marketing research (riset pemasaran), dimana mengetahui dan menganalisis data yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pasar bisnis. Adanya itu akan mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan.
Selain itu bisa mengetahui besarnya permintaan dan potensinya, kemudian kapan permintaan memuncak, dan kapan mulai turun. Pentingnya riset pasar untuk memanajemen pemasaran yang bagus dan benar, begitulah.
Alasan Perlu Melakukan Riset Pasar
Berikut ini alasan yang perlu diketahui kenapa melakukan riset pasar itu penting, diantaranya:
1. Agar Bisa Mengidentifikasi Masalah dan Peluang di Pasar
Riset ini membantu dalam mengidentifikasi peluang baru untuk produk baru maupun lama. Riset ini memberikan informasi tentang pangsa pasar. Selain itu bisa digunakan dalam memecahkan masalah oleh perusahaan.
2. Agar Bisa Menyusun Strategi Pasar yang Matang
Pasar sekarang tidak hanya bersifat lokal, tetapi bersifat global. Perusahaan sekarang sulit dalam melakukan interaksi dengan konsumen dan mengontrol saluran distribusinya. Persaingan semakin ketat, dengan sulit diprediksi lagi kebutuhan konsumen.
3. Agar Bisa Meningkatkan Penjualan
Riset ini digunakan untuk menganalisis atau mengevaluasi kinerja perusahaan di suatu pasar. Hal tersebut guna mempelajari efektivitas tenaga jual dan bisa mengidentifikasi wilayah penjualan yang paling berpotensi.
4. Agar Bisa Memperkirakan Penjualan
Tantangan terbesar dari manajemen produksi adalah masalah jaga stok agar tetap optimal dan produksi terus dilakukan agar memebuhi permintaan sehingga dalam perkiraan penjualannya perlu dihitung dengan metode ilmiah.
5. Agar Bisa Merevitalisasi Brand
Riset ini digunakan dalam mempelajari posisi brand atau merek untuk bisa mengeksplorasi peluang yang ada, bahkan bisa merubah nama brans itu sendiri. Sekain itu juga, bisa memudahkan dalam pengenalan produk baru.
Metode dalam Merencanakan Marketing Reasearch
Terdapat tiga metode dalam merencanakan riset pemasaran, diantaranya:
1. Kuisioner
Metode ini memberikan daftar pertanyaan tentang data yang diperlukan dalam jenis usaha. Siapkan calon responden yang dianggap potensial dalam menjawab kuisioner tersebut. yakinkan responden agar bisa diajak kerja sama dalam mengisinya.
2. Riset Grup
Metode ini dengan membentuk kelompok orang dari populasi utama secara potensial. Tugasnya menyampaikan semua yang dibutuhkan dan disajikan dengan memberikan opini mengenai kekurangan produk.
3. Survei
Metode ini memberikan pertanyaan sederhana tentang produk dan jasa yang akan diriset. Umumnya, metode ini sifatnya acak dan dilakukan dengan sukarela sehingga dalam pembuatan soalnya diharapkan tidak menggangu.
Itulah pentingnya riset pasar di dalam bisnis, semoga bermanfaat.