Salah satu divisi penting dari sebuah perusahaan selain produksi dan pemasaran adalah HR (Human Resource). Peran pentingnya yaitu mengelola sumber daya manusia. HR yang baik dapat memenuhi hak-hak karyawan dan membuatnya merasa nyaman sehingga dapat meningkatkan kualitas dan motivasi kerja.

 

Lebih lanjut lagi, mari kita cari tahu peran konsultan HR bagi perusahaan

  1. Mengelola Karyawan

HR berperan dalam proses rekrutmen karyawan dimulai dari penyusunan spesifikasi kebutuhan karyawan, seleksi data pelamar, seleksi pelamar melalui tes dan wawancara hingga menetapkan calon karyawan yang sesuai.

HR juga berperan mengatasi karyawan yang bermasalah, memberi surat peringatan hingga memecat karyawan yang telah melanggar aturan perusahaan. HR dapat menjadi tempat konseling dan pembinaan karyawan untuk mengatasi penurunan performa atau penyelesaian masalah antar sesama karyawan

  1. Memenuhi Hak karyawan

HR juga mengurusi keuangan karyawan seperti gaji, THR dan bonus serta membayarkan pajak, iuran dan asuransi karyawan. Tugas ini menjadi vital karena HR dituntut harus mampu melakukan penggajian tepat waktu.

Disisi lain HR juga mengurusi pengeluaran di luar gaji seperti hutang karyawan pada perusahaan dan kenaikan gaji karyawan. Untuk membantu meminimalkan resiko kesalahan perhitungan maka penggajian dapat dilakukan secara otomatis dengan bantuan aplikasi.

  1. Merapikan Manajemen Perusahaan

HR berperan dalam membuat database karyawan secara lengkap dan terstruktur sehingga memudahkan administrasi perusahaan. Database dapat berisi biodata lengkap hingga riwayat kesehatan karyawan. Database yang rapi dapat menjadi acuan perusahaan dalam menentukan kebijakan dan strategi perusahaan.

  1. Menyediakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang Berkualitas

SDM yang berkualitas dapat dicapai melalui peningkatan skill sesuai divisi masing-masing sehingga dapat mengembangkan karir karyawannya. HR harus selalu up to date tentang perkembangan mengenai bisnis perusahaan sehingga dapat menjawab tantangan atau melakukan penyesuain model kerja secara cepat.

  1. Menyelenggarakan Pelatihan

Skill yang ingin dikembangkan diperoleh melalui pelatihan yang dapat diselenggarakan oleh internal perusahaan maupun dengan bantuan para ahli. Pelatihan dapat dilakukan secara rutin dan berkala atau bisa sesuai dengan kebutuhan saat itu. Dengan adanya kesempatan mengikuti pelatihan, karyawan tidak hanya mendapatkan skill baru tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dampaknya, karyawan akan lebih termotivasi untuk berkembang dan memunculkan inovasi atau ide-ide baru bagi perusahaan.

 

Setelah menyimak begitu pentingnya peranan HR bagi perusahaan maka divisi ini tentu tidak boleh terabaikan. Kualitas divisi HR yang kurang baik dapat menjadi penyebab stagnansi atau bahkan penurunan performa perusahaan. Kondisi demikian cukup riskan bukan?

Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan Jasa Konsultan HR di luar perusahaan. Anda akan mendapatkan perspektif baru dan masukan-masukan yang membangun sehingga kinerja karyawan dapat terakselerasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !