Kita kadang masih belum bisa mengenal pelanggan sesuai target pasar, dan dari hal tersebut kita kesulitan dalam memenangkan persaingan yang ada. Sehingga riset pasar diperlukan dalam menanggapi pelanggan maupun memahaminya.
Jika merasakan hal tersebut, maka perlu kita sebagai pebisnis melakukan riset pasar secara baik. Menurut pengertiannya, riset pasar adalah sebuah fungsi yang menghubungkan konseumen, pelanggan, serta masyarakat dengan pemasar.
Arti lain dari riset pasar adalah kegiatan sistematis yang terkait dengan desain, pengumpulan, dan analisis data, serta laporan dalam kegiatan pasar. Dalam melakukannya, bisa sendiri atau menggunakan alih daya pekerjaan.
Pentingnya Riset Pasar Bagi Perusahaan
Riset pasar penting karena untuk menjalankan marketing research (riset pemasaran), dimana mengetahui dan menganalisis data yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pasar bisnis. Adanya itu akan mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan.
Selain itu bisa mengetahui besarnya permintaan dan potensinya, kemudian kapan permintaan memuncak, dan kapan mulai turun. Pentingnya riset pasar untuk memanajemen pemasaran yang bagus dan benar, begitulah.
Alasan Perlu Melakukan Riset Pasar
Berikut ini alasan yang perlu diketahui kenapa melakukan riset pasar itu penting, diantaranya:
-
Agar Bisa Mengidentifikasi Masalah dan Peluang di Pasar
Riset ini membantu dalam mengidentifikasi peluang baru untuk produk baru maupun lama. Riset ini memberikan informasi tentang pangsa pasar. Selain itu bisa digunakan dalam memecahkan masalah oleh perusahaan.
-
Agar Bisa Menyusun Strategi Pasar yang Matang
Pasar sekarang tidak hanya bersifat lokal, tetapi bersifat global. Perusahaan sekarang sulit dalam melakukan interaksi dengan konsumen dan mengontrol saluran distribusinya. Persaingan semakin ketat, dengan sulit diprediksi lagi kebutuhan konsumen.
-
Agar Bisa Meningkatkan Penjualan
Riset ini digunakan untuk menganalisis atau mengevaluasi kinerja perusahaan di suatu pasar. Hal tersebut guna mempelajari efektivitas tenaga jual dan bisa mengidentifikasi wilayah penjualan yang paling berpotensi.
-
Agar Bisa Memperkirakan Penjualan
Tantangan terbesar dari manajemen produksi adalah masalah jaga stok agar tetap optimal dan produksi terus dilakukan agar memebuhi permintaan sehingga dalam perkiraan penjualannya perlu dihitung dengan metode ilmiah.
-
Agar Bisa Merevitalisasi Brand
Riset ini digunakan dalam mempelajari posisi brand atau merek untuk bisa mengeksplorasi peluang yang ada, bahkan bisa merubah nama brans itu sendiri. Sekain itu juga, bisa memudahkan dalam pengenalan produk baru.
Jenis Riset Pasar
Berikut ini riset pasar yang perlu diketahui, diantaranya:
-
Riset Primer
Riset ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari target pasar secara langsung dengan tujuan untuk menghasilkan informasi tentang kondisi pasar terkini. Caranya melalui interview, kuisioner, survei, sampai diskusi bersama dengan calon pelanggan.
-
Riset Sekunder
Riset ini dilakukan dengan melakukan analis data-data yang sudah diterbitkan secara umum, hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran perusahaan. Jadi bisa dibilang cukup kuantitatif.
Hasil Riset Pasar
Berikut hasil riset pasar, sebagai bentuk dari analisis data yang sudah dilakukan di pasar, diantaranya:
-
Brand Analysis
Kita bisa mendapatkan pengetahuan akan seberapa tingginya Brand Awareness dalam bisnis yang dijalankan, berdasarkan target pelanggan akan brand yang kita usung.
-
Kepuasan Pelanggan
Dengan hasil riset pasar, memungkinkan kita bisa mengetahui kepuasan pelanggan dari bisnis yang kita jalankan, melalui beberapa indikator dimulai dari kualitas, desain, harga, serta layanan yang ada.
-
Inovasi Produk
Produk harus ada inovasinya seiring dengan perkembangan jaman, agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang mana didasarkan dari hasil riset dan kemudian dikembangkan secara target pasar beserta potensialnya.
Manfaat Melakukan Riset Pasar
Berikut manfaat melakukan riset pasar yang bisa dirasa, diantaranya:
-
Membantu Brand dalam Mendapatkan Informasi
Riset pasar membantu perusahaan dalam mendapatkan informasi akan besarnya pasar potensial suatu produk atau jasa. Hal itu disesuaikan dengan target, jadi lebih ke penentuan target penjualan maupun pencapaian market share di pasar.
-
Mengetahui Review dari Suatu Produk maupun Jasa
Dengan riset pasar, kita akan mengetahui tanggapan akan suatu produk maupun jasa di pasar. Hal tersebut berguna untuk sebuah produk dan jasa yang akan diluncurkan. Sehingga muncullah strategi pemasaran baru dalam meningkatkan penjualan yang ada.
-
Memahami Perilaku Pelanggan sesuai Target Pasar
Dengan riset yang baik, memudahkan perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Selain itu bisa melakukan analisis kampanye iklan maupun promosi yang akan dilakukan.
-
Menghasilkan semua Data dan Informasi yang Diinginkan
Hal tersebut guna untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang sedang berjalan dan pastinya bisa memajukan suatu perusahaan dalam berbisnis. Adanya riset pasar juga bisa membantu bisnis dalam memperkuat posisi.
Nah, itulah penjelasan tentang Riset Pasar: Jenis, Hasil, Manfaat. Semoga bermanfaat.