Strategi Analisa SWOT yang Diterapkan Oleh Starbucks

 

 

Menarik untuk membahas analisa SWOT yang banyak diterapkan oleh perusahaan minuman. Dalam hal ini akan membahas perusahaan yang sangat populer seperti Starbucks. Tentunya, sudah tidak familiar dengan bisnis kopi satu ini.

Starbucks menjalankan bisnis minuman sangat sukses dan tentunya tidak lepas dari analisa yang dilakukan. Apalagi perusahaan ini selalu menjalankan usaha yang berhasil berkembang dan banyak sekali peminat dari kopi ini. Berikut ini penjelasan lebih lengkap terkait analisa strategi SWOT yang dilakukan oleh pihak Starbucks:

1. Kekuatan Starbucks (S)

Pertama ada analisa yang dilihat dari kekuatan atau strengths Starbucks. Perusahaan ini selalu memperkenalkan merek kopi dengan cara mengedepankan kualitas dan pelayanan yang dimiliki oleh Starbucks.

Apabila Starbucks ini bisa memiliki merek yang kuat maka tidak akan susah untuk mendapatkan pelanggan. Apalagi harga tinggi yang diterapkan selama ini tidak membuat pelanggan mengeluh dan tidak membeli produk tersebut. Sebaliknya, pelanggan semakin banyak karena merek kuat yang dibangun perusahaan.

Kekuatan perusahaan Starbucks yang lain yaitu menjual aneka makanan ringan, buku, film, dan masih banyak lagi. Selain itu juga lokasi kedai yang strategis dan mudah ditemukan pelanggan. Gerai yang dimiliki Starbucks sudah tersebar hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia.

2. Kelemahan Starbucks (W)

Kedua ada weaknesses atau kelemahan dalam analisa SWOT Starbucks. Pada bagian kelemahan ini ada beberapa yang perlu dianalisa. Salah satu yang penting untuk diketahui kelemahannya adalah banyaknya pesaing bisnis kopi selain Starbucks ini.

Selain itu juga harga kopi yang ditawarkan cenderung tinggi daripada pesaing yang lainnya. Terdapat kekurangan seperti banyaknya keluhan karyawan yang berdampak pada terbentuknya serikat kerja.

Meskipun harga dari produk Starbucks tinggi, akan tetapi kualitas yang diberikan juga bagus. Wajar apabila peminat produk satu ini sangat banyak dan dari semua kalangan. Penikmat kopi menjadi semakin banyak karena adanya Starbucks.

3. Peluang Starbucks (O)

Selanjutnya ada analisa peluang yang ada pada perusahaan Starbucks atau opportunities. Analisa pada bagian peluang yang diketahui ada beberapa bagian penting. Misalkan saja, merek kuat yang dimiliki Starbucks akan membuat bisnis tersebut membuka pasar yang lebih luas lagi dalam beroperasi.

Selain itu adanya banyak karyawan akan mempermudah untuk melakukan pelatihan agar kemampuan dan kinerjanya lebih meningkat lagi. Dukungan berupa finansial juga sangat kuat dan mudah sekali menembus pasar.

Starbucks memiliki peluang untuk bergabung dengan perusahaan yang lain. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya terkait dengan merek yang kuat. Tentunya, perusahaan Starbucks tidak akan mengalami kesulitan saat melakukan kolaborasi dengan beberapa perusahaan. Peluang bagus yang dimiliki perusahaan ini sangat cemerlang  untuk di masa yang berkelanjutan.

4. Ancaman Starbucks (T)

Terakhir ada ancaman atau threats pada perusahaan Starbucks. Persaingan dengan beberapa kedai kopi kekinian mengakibatkan suatu ancaman tersendiri bagi perusahaan ini. Banyak tersebar kedai kopi yang memberikan pelayanan sejenis dengan Starbucks dengan harga yang lebih rendah. Hal tersebut tentu menjadi ancaman untuk Starbucks di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Selain itu jika terjadi kemunduran ekonomi dan kondisi pasar tidak stabil maka akan menjadi ancaman serius untuk perusahaan Starbucks. Sebab akan mempengaruhi penghasilan konsumen dan berdampak pada  kemampuan daya beli konsumen tersebut untuk Starbucks.

Demikian beberapa penjelasan terkait analisa SWOT pada perusahaan minuman kopi Starbucks. Dalam suatu bisnis penting sekali untuk dilakukan analisa seperti SWOT. Tidak hanya perusahaan minuman Starbucks saja, akan tetapi bisnis lainnya juga perlu dilakukan analisa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !