Sebelum memulai bisnis perhotelan, perlu dilakukannya analisis terlebih dahulu terhadap studi kelayakan bisnis hotel yang akan dijalankan. Saat ini, peluang bisnis perhotelan bisa dikatakan sangat menjanjikan, terutama di wilayah perkotaan yang memiliki banyak tempat rekreasi maupun wisata. Tidak heran jika bisnis ini lebih sering ditemukan di kota-kota besar dibandingkan di daerah.

Membangun bisnis perhotelan bukan suatu hal yang mudah, ditambah lagi perkembangan bisnis kompetitor yang cukup pesat. Sehingga dibutuhkan ide gagasan yang inovatif mengenai bisnis tersebut, agar dapat masuk dalam pasar bisnis dan bersaing secara sehat dengan para kompetitor.

Studi kelayakan bisnis hotel adalah salah satu langkah awal yang bisa Anda lakukan. Dengan studi kelayakan, Anda bisa menangkap peluang pasar yang memiliki potensi tinggi dan tepat sasaran. Tak hanya itu, anggaran dana pembangunan bisnis pun akan dapat terarah sebagaimana mestinya.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Hotel

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa studi kelayakan bisnis dapat menjadikan anggaran dana lebih terarah. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari resiko kerugian di masa mendatang. Seperti yang kita tahu, dunia bisnis selalu bergerak dan berkembang dengan sangat pesat, tentu saja akan banyak potensi yang tidak terduga kedepannya. Sehingga, hal itulah yang menjadi alasan utama mengenai pentingnya dilakukan studi kelayakan bisnis, tidak lain agar dapat meminimalisir resiko yang bisa terjadi kapan saja terhadap bisnis Anda.

Analisis Studi Kelayakan Bisnis Hotel

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum melakukan studi kelayakan, diantaranya:

  1. Menentukan Wilayah Pembangunan Bisnis

Aspek pertama yang cukup penting dalam perencanaan bisnis yaitu penentuan wilayah pembangun. Dari sini Anda dapat melakukan analisis terhadap wilayah pembangunan yang Anda pilih. Dimulai saat proses pembangunan hingga bisnis berjalan, pastikan bahwa wilayah bisnis tidak mengganggu lingkungan sekitar, apalagi sampai merusak lingkungan. Tentu saja hal tersebut dapat menjatuhkan image bisnis Anda.

  1. Menyusun Strategi Pemasaran yang Tepat

Dalam penyusunan strategi pemasaran tentunya harus efisien dan efektif sehingga pendistribusian informasi bisnis Anda dapat tersampaikan kepada konsumen yang tepat. Tidak ada salahnya jika Anda sedikit memodifikasi dari teknik pemasaran yang dilakukan oleh para competitor. Perlu diingat, sesuatu yang unik akan selalu berkesan dihati konsumen. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan konsep bisnis Anda dan yang terkesan berbeda dari yang lain.

  1. Melakukan Analisis Konsumen

Pentingnya melakukan analisis terhadap konsumen yang berada disekitar wilayah hotel, yaitu untuk mengetahui kebutuhan serta keinginan dari para konsumen. Hal ini dapat diperoleh dengan cara melakukan analisis terhadap lingkungan disekitar. Jika Anda sudah mendapatkan kesimpulan dari hal tersebut, sudah tentua Anda akan menemukan teknik promosi yang sesuai dengan target pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !