08
Aug

Tujuan Riset Pemasaran Bagi Perkembangan Bisnis

Riset pemasaran menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari sebuah bisnis. Tidak peduli bisnis besar atau kecil penelitian ini tetap penting untuk dijalankan. Marketing tidak hanya membahas mengenai bagaimana cara produk dan menjualnya. Cakupan yang dibahas lebih luas dari yang dibanyangkan. Jadi, sebenarnya persepsi kurang tepat ketika menyatakan bahwa pemasaran dan riset pasar sama. Karena analisis market hanya bagian dari keberlangsungan proses pemasaran.

Hasil riset pemasaran membantu pihak manajemen dalam menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan. Maka sudah sewajarnya analisis dilakukan secara sistematis dan konsisten. Semakin jelas dan objektif penelitian kian berdampak positif bagi pertumbuhan benefit bisnis. Dua kendala yang biasa ditemukan dalam analisis marketing. Pertama, kendala yang mampu dikontrol. Seperti, harga, produk, promosi, dan distribusi.

Sedangkan yang kedua, kendala yang tidak mampu dikendalikan. Misalnya, kondisi ekonomi, politik negara, perubahan sosial, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya. Dari penjelasan tersebut menunjukan bahwa para pelaku bisnis dituntut untuk peka dengan kondisi negara. Namun, dengan adanya riset pemasaran setidaknya bisa mengurangi progres yang baik untuk sebuah bisnis.

Berikut beberapa tujuan riset pemasaran yang mempermudah perusahaan dalam melakukan pertumbuhan bisnis.

Informasi Akurat

Riset pemasaran merupakann penelitian yang dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan data yang sesuai dengan realitas pasar. Apa yang mereka inginkan dan dibutuhkan. Informasi akurat mempermudah perusahaan menentukan positioning, sekaligus strategi marketing yang dilakukan.

Objektivitas

Tujuan berikutnya riset pemasaran bermanfaat untuk menghindari pengaruh keinginan subjektif yang berasal dari keinginan pribadi. Selain itu, tingkat objektivitas berguna bagi pihak manajemen dalam menentukan sasaran konsumen potensial. Kondisi ini sangat penting mengingat user adalah objek utama dalam sebuah bisnis.

Marketing Research Problem

Mengidentifikasi kegiatan mulai dari merumuskan masalah sampai eksekusi dalam riset pemasaran. Faktor ini membuat perusahaan lebih fokus untuk mencapai tujuan yang diinginkan dari pelaksanaan penelitian.

Menentukan Metode

Metode riset pemasaran termasuk bagian terpenting dalam tujuan analisis. Dari sini Anda diwajibkan menyesuaikan metode dengan realitas lapangan. Sehingga, mempermudah proses pengumpulan data dan informasi.

Ketepatan Analisis

Ketika Anda sudah mendapatkan metode atau cara yang tepat. Secara otomatis ketepatan analisis akan didapatkan. Meskipun begitu pihak perusahaan harus tetap memperkirakan margin eror yang terjadi.