apa yang dimaksud dengan marketing plan

Setiap pemilik usaha wajib memahami apa yang dimaksud dengan marketing plan. Karena kegiatan pemasaran harus tersusun dengan baik dan rapi sehingga tidak bisa berlangsung dengan sembarangan. Karena, dengan marketing plan yang tepat maka Anda bisa mencapai target konsumen dan target lainnya dengan lebih baik.

Mengapa hal ini penting? Karena marketing memegang peranan besar dalam mengenalkan bisnis ke publik. Selain itu, biaya marketing sangat besar dan bisa mencapai 30% dari total pengeluaran bisnis. Namun, dengan perencanaan pemasaran yang baik Anda bisa mengurangi cost tersebut namun tetap memberikan hasil yang memuaskan.

Apa yang dimaksud dengan Marketing Plan?

Secara sederhana marketing plan dapat Anda pahami sebagai blueprint atau sebuah rencana besar yang menyusun kegiatan pemasaran yang akan Anda lakukan atau pernah dilakukan sebelumnya. Perencanaan marketing ini akan membantu Anda membuat strategi marketing, berbagai langkah marketing khusus, penentuan target, perhitungan biaya dan lainnya secara terperinci.

Ketika melakukan pemasaran maka perusahaan harus menyertakan 3 hal di bawah ini, yaitu:

  • Visi serta misi bisnis
  • Menentukan target pasar
  • Strategi jitu untuk mencapainya

Manfaat Marketing Plan Bagi Bisnis

Marketing plan tentunya memiliki berbagai manfaat yang juga penting untuk Anda pahami. Adapun beberapa manfaat tersebut seperti:

1. Memudahkan Kerjasama Kegiatan Marketing

Marketing merupakan kegiatan yang penting dan terstruktur dengan rapi. Anda harus menentukan target pasar, segmentasi pasar, cara pemasaran dan lain sebagainya. Walaupun Anda memiliki tim marketing, ternyata dalam prosesnya Anda membutuhkan bantuan dari banyak pihak.

Contohnya saja, untuk marketing digital Anda butuh karyawan yang ahli dalam desain grafis, video maker dan lainnya. Tim marketing juga bekerjasama dengan pihak tersebut agar konten marketing yang ada dapat terbentuk dan tersampaikan dengan baik kepada pelanggan.

Namun, dengan marketing plan yang baik Anda bisa membuat tim yang solid karena akan memaksimalkan kerjasama yang ada.

2. Mengetahui Target Pasar dengan Lebih Baik

Jika ingin kegiatan marketing berjalan dengan baik, maka Anda harus membuat target pasar yang jelas. Target tersebut seperti penentuan jenis kelamin, usia, lokasi atau wilayah dan lainnya. Penentuan target ini sangat penting karena akan mempengaruhi strategi marketing, media yang akan Anda pakai dan lain sebagainya. Namun, dengan target yang jelas Anda bisa melakukan pemasaran yang baik.

3. Referensi dalam Perubahan dan Pembuatan Kebijakan Bisnis

Keberadaan marketing plan akan memudahkan banyak hal. Karena rencana pemasaran akan menjadi blueprint yang kemudian menjadi acuan utama Anda. Tentunya marketing plan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu namun dengan acuan yang jelas pastinya akan memudahkan Anda dalam membuat keputusan yang baik.

Setelah Anda memahami apa yang dimaksud dengan marketing plan. Maka, sekarang Anda bisa menyusun rencana pemasaran yang baik dan lengkap. Karena, dengan marketing plan tersebut Anda bisa lebih mudah mencapai tujuan bisnis yang selama ini diidam-idamkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !