Marketing Mix adala bauran pemasaran yang digunakan untuk mendukung mencapaian target. Seperti yang sudah diketahui bahwa marketing memiliki ranah analisis yang luas. Bukan hanya membahas mengenai bagaimana cara menghabiskan barang atau jasa. Melainkan akan lebih banyak yang mesti dibahas. Seperti, melakukan riset pasar, menentukan konsumen yang menjadi sasaran, dan masih banyak lagi. Semua penelitian ini disusun berdasarkan kenyataan yang ada karena akan menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang akan dijalankan.
Kotler dan Armstrong mendefinisikan bahwa marketing mix ialah seperangkat pemasaran yang dikendalikan, barang atau jasa, menyaluran, dan promosi yang didukung oleh perusahaan dalam rangka menghasilkan umpan balik dari sasaran. Sedangkan Alma berpendapat bauran pemasaran adalah berbagai strategi yang dikombinasikan dengan kegiatan marketing untuk mencapai hasil yang memuaskan.
Tidak mengherankan kalau kemudian bauran pemasaran tersebut sangat penting dalam dunia bisnis. Mengapa? Karena secara tidak langsung pebisnis akan mengetahui rincian yang akan dilaksanakan oleh perusahaan. Misalnya saja, akan dipermudah menentukan media iklan. Selain itu, meningkatkan kreatifitas dalam nenghadapai ketatnya persaingan. Fakta tersebut yang menjadikan marketing mix menjadi bagian yang mesti dipahami dan dipraktekan oleh setiap entrepreuner.
Berikut adalah 4p dalam marketing mix yang bisa membantu pertumbuhan bisnis.
Daftar Isi Artikel
Produk
Produk merupakan berbagai jenis barang atau jasa yang ditawarkan pada pasar. Sehingga sudah sejawarkan perusahaan mengetahui apa yang diinginkan market. Bukan berarti produk harus bergonta-ganti mengikuti trend. Hanya perlu dilakukan untuk melihat peluang yang tersedia. Biasanya merekan akan melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Selain itu, nilai tambah dari kegiatan ini adalah akan diketahui kekuatan kompetitor. Sekaligus menentukan konsumen potensial.
Price
Price ialah harga yang terpasang untuk menilai barang atau jasa yang dijajakan. Tahap ini akan menentukan peningkatan permintaan, serta menjadi alat untuk menarik pelanggan dari para pesaing. Hal itu yang kemudian membuat pebisnis tidak boleh asal menetapkannya. Anda harus jeli melihat kemampuan konsumen, disamping itu juga memperhatikan keuntungan untuk perusahaan.
Place
Place menjadi bagian terpenting setelah produk siap dipasarkan. Pemilihan tempat yang mudah dijangkau kapan dan dimanapun menjadi aspek pendukung untuk perkembangan bisnis itu sendiri. Fakta ini tentu memperjelas bahwasannya proses usaha tidak akan terlaksana tanpa adanya tahap pendistribusian. Hebatnya, di era digital seperti sekarang kegiatan ini bisa berjalan dengan efisien. Contoh, semakin marak jasa pengantar barang dengan harga terjangkau dan tawaran menarik lainnya.
Promotion
Komponen terakhir dari marketing mix ialah promosi atau pengiklanan. Banyak variasi yang biasa digunakan para pebisnis untuk melaksanankan aktivitas tersebut. Tahap ini menjadi penentu dan penarik agar konsumen mau membeli produk yang ditawarkan. Sumber daya manusia berpengalaman biasanya akan membuat perencanaan yang matang untuk menciptakan promotion menawan. Salah satunya memberikan sale untuk produk tertentu.
Bisnis menawarkan banyak pilihan untuk sukses. Konsumen memiliki kebutuhan yang bermacam-macam itu kenapa semua pebisnis memiliki peluang yang sama besarnya. Namun, pebisnis dengan inovasi dan kemampuan memanfaatkan opportunity itulah yang akan mengalahkan para seniornya.