Saat seseorang atau sekelompok orang ingin membangun sebuah bisnis, seringkali banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan. Pertimbangan utama dalam membangun sebuah bisnis yaitu menyangkut masalah profit. Pertanyaan yang akan muncul dalam proses pertimbangan tersebut umumnya apakah bisnis yang tengah dirintis juga sedang dikembangkan akan menguntungkan atau tidak. Apakah bisnis bisa berkembang pesat seperti harapan ataukah kebalikannya?.

Hal itulah yang harus diketahui lebih details. Fungsi studi kelayakan bisnis merupakan sebuah media penelitian yang sangat penting untuk dilakukan sebelum seseorang atau sekelompok orang memulai sebuah usahanya. Berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk melakukan studi kelayakan, ketahuilah tahapan apa saja didalamnya:

1. Tahap Penemuan Ide

Tahapan pertama dalam studi kelayakan yaitu adanya penemuan ide bisnis harus dimulai dengan menentukan satu atau beberapa ide bisnis yang memiliki prospektif. Jika terdapat lebih dari satu ide, maka ide bisnis yang akhirnya akan dieksekusi yang harus dipilih dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti, hal teknis yang harus ditempuh serta potensi laba yang akan diraih kelak. Sehingga tidak sia – sia ide tersebut dibuat dan dijalankan.

2. Tahap Penelitian

Setelah ide bisnis Anda terpilih, tahapan berikutnya yaitu membuat studi kelayakan bisnis dengan melakukan penelitian yang lebih mendalam dan lengkap sesuai dengan metode ilmiah. Dimulai dengan mengumpulkan data dan informasi, mengolah data atas dasar teori yang relevan, menganalisis juga menginterpretasikan hasil olahan data dengan analisis yang sesuai juga tepat, menyimpulkan hasil, sampai kepada membuat laporan dari hasil penelitian tersebut. Sehingga diketahui hasil yang optimal dan mampu menghasilkan terobosan baru dalam perkembangan bisnis.

3. Tahap Evaluasi

Tahapan evaluasi dalam studi kelayakan bisnis merupakan sebuah proses untuk membandingkan sesuatu dengan satu atau beberapa kriteria lain yang bersifat kuantitatif juga kualitatif. Hal ini terkait biaya (cost) yang dikeluarkan juga manfaat (benefit) yang kelak akan diperoleh. Dari hasil evaluasi bisa diketahui apa saja beban biaya, keuntungan yang bisa dijadikan untuk membangun usaha lebih maju.

4. Tahap Urutan Usulan Terbaik

Terkadang dalam menentukan rencana bisnis tidak hanya terdapat satu saja ide atau usulan yang ada. Apabila terdapat lebih dari satu usulan rencana bisnis yang dianggap lebih baik, maka perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang memiliki nilai terbaik dalam tahap evaluasi yang telah dilakukan pada tahapan sebelumnya. Memilih usulan terbaik tentu dapat digunakan untuk memperoleh hasil yang lebih baik bagi kemajuan bisnis Anda.

5. Tahap Rencana

Setelah ditentukan apa saja rencana bisnis tersebut, maka tahap berikutnya yaitu menyusun rencana kerja terkait dengan proses realisasi dari rencana pembangunan bisnis Anda. Hal ini agar rencana tersebut bisa dieksekusi sesuai dengan yang direncanakan agar bisa memperoleh hasil bisnis yang maksimal.

6. Tahap Pelaksanaan Atau Eksekusi

Setelah semua rencana telah siap, maka selanjutnya yaitu merealisasikan semua rencana yang telah disusun berdasarkan data dan juga informasi. Jika proses pengembangan bisnis dapat berjalan dengan lancar, maka tahap selanjutnya hanyalah tinggal melakukan operasional bisnis secara berkelanjutan. Dan tetap memantau perkembangan dari semua tahapan yang sudah dijalankan. Dengan demikian semua rencana dapat dikontrol dan diketahui kendala apa saja yang muncul pada saat proses berjalan.

Hasil dari studi kelayakan bisnis merupakan sebuah kumpulan dokumentasi secara lengkap dalam bentuk tertulis yang dapat memperlihatkan mengenai rencana bisnis yang memiliki nilai positif dari berbagai aspek yang sudah diteliti. Apabila hasil laporan studi kelayakan bisnis dapat menunjukkan banyak nilai yang positif, maka proyek bisnis tersebut layak dan mampu untuk dijalankan. Namun, justru sebaliknya akan gagal atau batal jika tidak memiliki nilai positif.

Memiliki usaha yang sukses tentu menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang. Namun, untuk membuat suatu usaha menjadi sukses bukanlah hal yang mudah, perlu kerja keras, komitmen dan juga aspek dalam sebuah bisnis yang perlu direncanakan dengan baik dan terperinci sehingga terbentuk model bisnis yang menjanjikan keuntungan di masa mendatang.

 

 

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp