3 Strategi Pemasaran Yang Efektif Saat Pandemi Covid-19

Apakah hanya dengan 3 strategi pemasaran bisnis bisa berjalan kembali dengan efektif? 

Tentu saja bisa. Apabila diterapkan dengan benar, bisnis akan berjalan walaupun ditengah pandemi virus Covid-19 sekarang ini.

Masyarakat tidak hanya mengkhawatirkan kesehatan dan juga beberapa aktifitas yang dialihkan secara online. Namun berdampak juga kekhawatiran terhadap masalah ekonomi. Masyarakat lebih banyak memikirkan kepentingan ekonomi yang berdampak terhadap kelangsungan hidup mereka. Bagaimana tidak mengkhawatirkan jika melakukan tes kesehatan saja berbayar, dan biayanya pun tidak murah. Apalagi jika banyak karyawan yang harus dipulangkan, maka bagaimana dengan nasib bisnis sebuah perusahaan? Jawabannya dapat kita temukan dalam artikel ini.

3 Strategi Pemasaran Bisnis Disaat Pandemi :

1. Pemasaran Secara Online

Banyak aktifitas yang dilakukan secara online disaat pandemi Covid-19 ini. Misalnya, para pekerja banyak yang melakukan Work From Home, para pelajar pun sekolah dan belajar secara daring. Maka penggunaan sosial media menjadi semakin aktif karena sosial media merupakan salah satu cara agar tetap terhubung dengan semua orang tanpa bertemu secara langsung.

Masyarakat semakin aktif dalam penggunaan sosial media dan tentunya meningkat pula sistem pencarian secara online. Selama aktifitas dilakukan dirumah saja, maka sistem pencarian secara online untuk update infomasi maupun berita, dan belanja meningkat sangat signifikan, dan akan terus naik jika aktifitas masih dirumah saja. Maka, pastikan bisnis jualan produk atau jasa kalian dapat ditemukan di berbagai media sosial, maupun di online-shop, bahkan tempatkan di halaman utama pada mesin pencarian online (dalam blog pribadi, maupun website e-commerce).

2. Berikan Penawaran Khusus

Situasi dan kondisi saat ini tidak menentu, maka untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin membutuhkan strategi bisnis yang efektif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu tentukan produk yang paling diminati, dan buatlah penawaran yang menarik. Karena menawarkan iklan yang menarik akan membantu pemasukan, menjaga pelanggan tetap setia dengan bisnis kalian dan dapat juga menjaring pelanggan baru.

Desain iklan yang menarik, dan buatlah penawaran seperti diskon atau beberapa paket khusus dalam bisnis, kemudian jual produk atau jasa bisnis tersebut melalui jejaring sosial. Dan tetap pastikan terhubung dengan pelanggan diberbagai media sosial tempat memasarkan produk maupun jasa bisnis.

3. Menjadi Brand Yang Tanggap

Saat pandemi sekarang ini, tidak memungkinkan untuk bekerja ke kantor atau melakukan kegiatan di luar yang diharuskan bertemu secara langsung. Maka manfaatkanlah waktu tersebut agar lebih produktif untuk mengatur ulang bisnis. Seperti mengatur strategi promosi, ataupun merubah fitur – fitur yang kurang menarik pelanggan.

Mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif untuk bisa bangkit berbisnis yaitu menjadi brand yang cepat tanggap akan kondisi sekarang dan untuk ke depannya. Contohnya, apabila mempunyai bisnis yang dijalankan secara offline, maka buatlah iklan yang menarik untuk disampaikan kepada pelanggan bahwa bisnis kalian dibuka juga secara online dalam mendukung kegiatan saat dirumah saja. Dapat juga memberikan iklan bahwa bisnis yang dilakukan secara offline sudah menggunakan prosedur yang sesuai dengan protokol kesehatan yaitu memakai masker, jarak antar pelanggan atau adanya social distancing, dan cuci tangan memakai sabun dengan air mengalir.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !